Pasific Pos.com
Kriminal

Kapolsek Depapre : Palang Fasilitas Pemerintah Merupakan Pelanggaran Hukum

Masalah Pemalangan Perpustakaan SD Tablasupa

 

SENTANI – Melakukan pemalangan terhadap fasilitas pemerintah, sangat tidak diperbolehkan dan tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara ini sebab tindakan itu merupakan suatu pelanggaran hukum.

Demikian dikatakan Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon. SH. S.IK.,MH.M.Si melalui Kapolsek Depapre Ipda Usriyanto. SE saat melakukan pertemuan dengan masyarakat yang melakukan pemalangan perpustakaan SD Tablasupa bersama dengan pihak sekolah, Senin (20/2/18).

Kapolsek Usri meminta, agar pihak hak ulayat dapat membuka palang dan tidak melakukan pemalangan lagi terhadap bangunan tersebut.

“Bila ada masalah, harus dibicarakan baik-baik. Karena perpustakaan juga tempat menuntut ilmu untuk anak-anak kita yang ada dikampung tablasupa ini,”paparnya.

“Oleh karena itu, saya berharap ini palang ini dapat dibuka. Mari bersama-sama mencari solusi, dengan menghadirkan semua pihak terkait supaya masalah ini dapat kita selesaikan baik-baik,”ucapnya sembari mengajak.

Dalam pertemuan itu, Kapolsek meminta keterangan dari guru dan masyarakat yang ada dikampung.Dan sesuai keterangan pihak sekolah, tempat tersebut sudah dibayarkan oleh pihak sekolah oleh kepala sekolah yang lama, Mince Walli kepada orang tua Charles Serontou (Yang melakukan pemalangan) dan orang tua pelaku sudah memberikan kepada pihak sekolah.

“Nah, selanjutnya kita semua perlu melakukan pertemuan dan mediasi kepada kedua belah pihak dengan tujuan mencari solusi terbaik dan memberikan pemahaman hukum terhadap pemilik hak ulayat. Sehingga semuanya menjadi jelas” pungkas Ipda Usriyanto.

Sekedar diketahui, Kepolisian Sektor (Polsek) Depapre merespon tempat kejadian perkara (TKP) pemalangan gedung perpustakaan SD Tablasupa di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre. Senin (19/2/18).

Pemalangan itu berawal saat anggota piket jaga menerima laporan dari kepala sekolah SD Tablasupa, Lewi IQ. Kromsiam. S.Pd bahwa di SD tablusupa ada salah satu bangunan yang merupakan gedung perpustakaan telah dipalang oleh pemilik tanah, Charles Serontou.

Mendapat laporan tersebut personil Polsek Depapre langsung merespon dengan mendatangi TKP yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Depapre Ipda Usriyanto. SE didampingi Kanit Sabhara Ipda Sutaji dan melakukan pertemuan guna mencari jalan terbaik antara pihak sekolah dan pemalang.