Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kapolres Untung Sangaji Gagas Sejumlah Program

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum (foto:iis)
‘Dari Masalah Kemanusiaan Hingga Pelestarian Lingkungan’

 

MERAUKE,ARAFURA,- Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum tidak hanya fokus dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas pokoknya sebagai penegak hukum dan pengayom tetapi juga aktif dalam menggagas sejumlah program yang erat hubungannya dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. Cukup banyak program yang akan direalisasikan dan tersebar di berbagai sektor. Di antaranya terkait dengan masalah-masalah kemanusiaan dimana pihaknya akan membantu memberikan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan bagi semua petugas kebersihan, baik petugas kebersihan sampah maupun penyapu jalan di seluruh wilayah Merauke.

Selanjutnya kepada petugas-petugas tertentu yang bekerja pada sejumlah objek vital namun kurang mendapat perhatian. “Itu semua akan saya lakukan dan sudah mulai kita data,”jelasnya kepada ARAFURA News kemarin. Selanjutnya pihaknya akan fokus dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dalam hal ini di sekitar wilayah pantai hingga kebersihan sarana ibadah agama apapun yang ada di Kabupaten Merauke. Fasilitas umum lainnya yang menunjang perekonomian masyarakat seperti pasar hingga sarana olahraga seperti lapangan bola dan lain sebagainya tidak luput dari perhatian Kapolres yang satu ini. Polres sudah memiliki jadwal khusus terkait dengan program ini. Pihaknya juga akan membantu warga yang belum memiliki sertifikat dan akan didata oleh seluruh Bhabikamtibmas dan Babinsa sehingga dapat dibantu pengurusannya. Hal ini penting agar warga tidak mengalami kendala atau masalah di kemudian hari seperti sengketa tanah dan pemalangan.

Tidak cukup sampai di situ, gerakan penghijauan juga akan ia lakukan dengan membidik sejumlah area dan akan ditanami tanaman-tanaman bergengsi yang merupakan ciri khas dari Papua. Selain itu pihaknya juga akan fokus memperhatikan tentang flora dan fauna sehingga tidak ada lagi orang bersenjata angin atau kaliber 4,5 dan 5,5 berburu di hutan tanpa ijin karena semua ada aturannya sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi menembak burung-burung yang dilindungi tentu sangat dilarang keras. Oleh sebab itu dalam waktu tiga bulan sekali pihaknya akan melakukan pelepasan burung dan ikan sehingga ekosistem yang ada tetap terpelihara.

Selanjutnya peningkatan ketrampilan dalam hal home industri dengan membidik warga masyarakat yang dinilai berpotensi. Salah satunya pasca dirinya melakukan penggebrekan tempat produksi miras oplosan beberapa waktu lalu dimana warga yang membuat akan dibina dan dibimbing untuk dapat menjalankan home industri secara profesional dan trampil. Jadi tidak lagi memproduksi miras namun lebih meningkat dengan produk home industri yang lebih baik. Salah satunya dengan membuat kancing baju yang jumlahnya cukup banyak hingga jutaan demi memenuhi permintaan konsumen.

Kapolres mengemukakan, setiap Hari Rabu dan Jumat juga diadakan kegiatan berbagi kasih dengan membidik para pekerja harian khususnya penyapu jalan. Mereka akan diberikan makanan dan minuman secara gratis. Tidak hanya itu mereka juga akan perhatikan kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan pada waktu-waktu tertentu. Dengan begitu banyaknya kegiatan sosial yang dilakukan, dirinya tetap melakukan evaluasi terkait dengan kegiatan atau program yang masih perlu dilakukan kepada masyarakat selain tetap fokus pada tugas sebagai penegak hukum dan pengayom.

Artikel Terkait

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

Kembali Pimpin Razia, Kapolres Berhasil Sita 32 Sajam Milik Napi

Afrans

Upaya Kapolres Atasi Kasus Pengeroyokan Lapas

Afrans