Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Kapolda: Situasi Wamena Berangsur Kondusif

JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan situasi Wamena Kabupaten Jayawijaya hingga saat ini berangsur kondusif pasca kerusuhan 23 September lalu.

Hal tersebut diungkapkannya saat di wawancarai usai menghadiri upacara Hut TNI di Kodam XVII Cenderawasih, Sabtu (5/10) pagi.

Kata Kapolda, bagi masyarakat yang mengungsi dari Wamena ke Jayapura tidak perlu khawatir atau takut lantaran situasi di Wamena sudah kondusif. Bahkan Kapolda menjamin keamanan bagi semua masyarakat apabila kembali beraktivitas seperti biasanya.

“Masyarakat yang ngungsi menurut saya, kami saat ini ada dan akan terus ada untuk melindungi dan menjaga saudara-saudara sehingga tidak perlu takut,” tegasnya.

Ia pun menjelaskan terkait dengan aksi kerusuhan yang terjadi, merupakan ulah atau strategi kelompok-kelompok yang sengaja mau membuat keruh situasi di Papua.

“Untuk kejadian itu murni kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan tidak ada unsur agama, ras ataupun suku, ini murni residensial yabg dilakukan,” tutur Kapolda