Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Kapolda Resmikan Mopolres Tolikara

Karubaga – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw meresmikan Gedung Mapolres Tolikara, Rabu 30 Desember 2020.

Kedatangan Kapolda Papua di Karubaga, Ibukota Kabupaten Tolikars disambut Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si diwakili Wakil Bupati Dinus wanimbo,SH,MH didampingi Ketua DPRD Tolikara Arson wanimbo,SE dan Kapolres Tolikara AKBP DR. Yuvenalis takamully,SH,MH di Bandara Karubaga usai mendarat menggunakan pesawat perintis Nam Air pada pukul 9:00 WIT.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutannya berharap kepada Kapolres Tolikara dengan jajarannya manfaatkan gedung yang megah ini bukan sebagai tempat bermewah – mewahan, tetapi dijadikan sebagai rumah masyarakat untuk melayani kepentingan masyarakat dengan baik.

Etika – etika, norma – norma dan salam – salaman, serta senyum sapa yang dibina di jajaran Kepolisian patut diterapkan dengan baik. Karena kalau kita baik kepada siapa saja, maka masyarakat akan berbuat tiga kali lebih baik dari apa yang kita buat, itu prinsipnya.

Menurut Kapolda Irjen Pol Drs. Paulus waterpauw Kantor Mapolres Tolikara ini ada bukan untuk mau saya sebagai Kapolda Papua dan bukan juga maunya Kapolres Tolikara dengan jajarannya, intinya bukan untuk kepentingan kita,tetapi untuk melayani kepentingan masyarakat yang ada di seluruh Tolikara. Karena itu diminta kepada Kapolres Tolikara bersama jajaran, dan juga tokoh masyarakat,tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan bersama seluruh masyarakat menjaga gedung Mapolres Tolikara ini dengan baik. Karena saya lihat gedung Mapolres ini salah satu bangunan termegah di daerah pengunungan Papua terutama di Tolikara.

”Bapak Kapolres Tolikara bersama jajarannya hadir disini untuk melayani masyarakat dengan baik,siapapun dia baik bapak – bapak,mama – mama,anak – anak datang minta bantuan pelayanan layanilah dengan hati,layani dengan senyum sapa”. Tegas Kapolda Irjen Pol Paulus waterpau.

Ditambahkannya saat ini kami mengalami musibah pandemic Covid di seluruh Indonesia terutama di Papua menurut para ahli wabah yang melanda dunia ini, kedepan wabah ini diperkirahkan tidak akan cepat surut, bahkan ada lagi temuan – temuan,model – model,bentuk – bentuk pandemic yang lain akan muncul. Karena itu untuk menanggulangi pandemic ini kita tidak perluh kawatir dengan wabah ini,namun kita bersama – sama berembuk lewat keberagaman,dan kebersamaan pasti ditemukan solusi yang tepat.

“Saya harap Bupati Tolikara bersama Tim Covid siapkan pasilitas penanganan Covid seperti penyiapan alat Swab,alat Repidtes,dan Alat Pelindung Diri APD dan lengkapi tenaga medis jika kurang juga beberapa alat medis lainnya. Sehingga pandemic ini bisa kita sama – sama tanggani dengan baik”. Imbuh Kapolda Paulus waterpau.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Dinus wanimbo,SH,MH menyampaikan permohonan maaf yang sebesar – besarnya kepada Bapak Kapolda Papua atas ketidak hadirannya pada momen ini karena kemarin beliau dengan keluarganya sudah berusaha untuk naik ke Tolikara. Namun karena ada satu dan lain hal beliau batal berangkat ke Tolikara. Bapak Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si berpesan dengan dibagunkannya gedung Mapolres Tolikara yang baru dan termegah untuk ukuran daerah Pengunungan Papua ini bermanfaat besar bagi seluruh warga Tolikara. Dan diharapkan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tolikara. Diakuinya bahwa pelayanan Polres Tolikara bersama jajarannya selama ini sangat baik,terbukti hingga kini di seluruh Tolikara selalu aman,situasi ini tercipta bukan karena kita hebat tetapi semua terwujud karena kerjasama kita bersama antara Pemda,TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat. Situasi ini patut kita tingkatkan kedepan hanya dengan kebersamaan,dan kesatuan kita.

“daerah Tolikara ini dirintis dengan kekuatan injil yang disebarkan pembawah ajaran Nasrani,setelah itu pemerintahan masuk,karena itu Pemkab,dan TNI/Polri bersama tokoh agama kita sinergitas bagun daerah ini. Hubungan ini sudah terbagun lama hanya kita patut tingkatkan”. Ujar Wakil Bupati Dinus Wanimbo.

Sementara itu Kapolres Tolikara AKBP DR. Yuvenalis Takamully, SH,MH dalam laporannya rencana pembagunan Mapolres Tolikara diusulkan tahun 2018 dengan perkiraan anggaran bernilai 21.775.000.000.00 (Dua Puluh Satu Milyar tujuh ratus tujuh puluh lima juta rupiah). Dan tahun 2019 usulan pembagunan Mapolres ini terealisasi, sesuai dengan kontrak bangunan ini berakhir pada bulan juni dan November 2019.
Namun target pekerjaan sesuai kontrak molor karena peristiwa di wamena dan jayapura sehingga dilakukan addendum, dengan target bahwa bangunan ini akan rampung di bulan januari 2020. Tetapi target itu harus molor lagi dengan musibah pandemic Covid sehingga penyelesaian atau vinising bagunan dan administrasi boleh bisa mencapai seratus persen pada bulan November 2020. Karena itu kami ajukan permohonan kepada Kapolda Papua untuk peresmian yand sedang berlangsung sekarang.

“bangunan ini dibagun berukuran 775 meter persegi dari ukuran yang seharusnya disiapkan 1.000 meter persegi. Ukuran bangunan kurang besar dari ukuran yang seharusnya karena tempatnya kurang memungkinkan sehingga rencana bangunan yang lain di pangkas”. Kata Kapolres AKBP Y.Takamully.

Dikatakannya rencana bangunan yang di pangkas itu sudah diajukan kepada tim anggaran Kapolda Papua,dan menurut informasi sedang dibahas. Kami harap usulan pembagunan itu terealisasi pada tahun depan.

Usai sambutan dilakukan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan penguntingan pita oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus waterpauw bertanda diresmikannya Gedung Mapolres Tolikara. Pada akhir peresmian itu Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus waterpauw dikejutkan dengan disediahkannya nasi tumpeng oleh Kapolres Tolikara sebagai acara ulang tahun pernikahan Kapolda yang ke 20 tahun.

Artikel Terkait

Puluhan Siswa SMA dan SMK di Tolikara Gelar Ujian Secara Manual

Bams

85 Tenaga Kesehatan Tolikara Divaksin

Bams

Patuhi Prokes, Masyarakat Tolikara Hadiri Perayaan HUT Gereja GIDI

Bams

Empat Jembatan Putus Diterjang Banjir di Tolikara

Bams

Gedung Baru Bhayangkari Tolikara Mulai Dibangun

Bams

Kapolda Papua Ambil Peran Dalam Film Layar Lebar “Si Tikam Polisi Noken”

Jems

Sesuai TR Kapolri, Kapolda Papua Ingatkan Personilnya Netral Di Pilkada

Ridwan

Yunus Wonda Bantu Mahasiswa Tolikara Bama dan Peralatan Olahraga

Bams

Polda Papua Masih Pertimbangkan Ijin Keramaian Peresmian venue PON

Ridwan