Pasific Pos.com
Papua Barat

Kapolda: Harus Ada Kesadaran Masyarakat Stop Konsumsi Miras

Manokwari, TP – Minuman keras (miras) lokal yang beredar di wilayah Papua Barat, bukan lagi didatangkan dari luar daerah, tetapi kebanyakan sudah diproduksi sendiri.

Menurut Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf A. Rodja, ini terbukti dengan ditemukannya home industry miras lokal, salah satunya yang pernah ditemukan tim gabungan TNI-Polri di Kabupaten Tambrauw.

“Saya sudah menyurat kepada Gubernur supaya home industry yang dikerjakan masyarakat, harus diubah, bukan lagi memproduksi miras lokal,” kata Kapolda kepada para wartawan di Polda Papua Barat, Jumat (8/6).

Dikatakannya, selama ini berbagai upaya penindakan sudah dilakukan terhadap produsen miras lokal untuk memutuskan mata rantai peredarannya, tetapi dengan berbagai cara, masyarakat terus menjalankan usaha seperti itu.

Untuk itu, ia mengatakan, pemerintah daerah (pemda) berperan penting dalam memberikan pembinaan terhadap masyarakat. Jika semua pihak bekerja sama dan berkomitmen memberantas miras, terutama mengubah pemahaman masyarakat supaya tidak lagi memproduksi miras lokal, maka secara perlahan-lahan, peredaran miras di Papua Barat akan berkurang.

“Hal yang terpenting juga harus ada kesadaran masyarakat sendiri untuk berhenti mengonsumsi miras,” tukasnya. [BOM-R1]