Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Kadis TPH Jayapura Tinjau Lokasi Cetak Sawah Baru di Kampung Berap

SENTANI – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., melihat lokasi cetak sawah baru di Kampung beraf, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Jumlah lahan cetak sawah baru bagi para petani asli Papua di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang itu mencapai 11 hektare.

“Jadi hari minggu, Saya pergi melihat lahan cetak sawah baru pada hari dimana lahan cetak sawah baru ini untuk petani asli Papua, aku Adolof saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/7/18) sore.

Dikatakan, sebagai salah satu daerah yang menyuplai kebutuhan pokok beras di Provinsi Papua sudah seharusnya dilakukan peluasan lahan pertanian. Apalagi hampir seluruh wilayah Kabupaten Jayapura merupakan lahan yang sangat cocok untuk pertanian maupun perkebunan.

Selain itu, Kabupaten Jayapura juga menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak lahan pertanian setelah Kabupaten Merauke.

Kalau sejauh ini yang sudah dilakukan adalah land clearing untuk lahan pertanian baru. Tinggal nanti dibuatkan saluran airnya saja, jelas Adolf.

Adolf menjelaskan, lahan yang ada di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang itu sudah hampir selesai 100 persen, dan mulai dari tanggal 1 sampai saat ini sudah menyemai bibit padi.

Dirinya mengharapkan agar masyarakat Kampung Berap dapat mendukung kegiatan cetak sawah baru ini agar Kabupaten Jayapura bisa menambah luas lahan pertanian serta bisa membantu daerah menjadi daerah terluas lahan pertaniannya di Provinsi Papua.

Sekedar informasi, tinjauan yang dilakukan Kadis TPH ini merupakan persiapan untuk penanaman padi perdana pada tanggal 17 Juli 2018 nanti oleh Bupati Jayapura bersama Wakil Bupati Jayapura.