Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Jumlah Peserta UN Papua 2018 Sebanyak 122.460 Siswa

 

Jayapura,- Peserta Ujian Nasional (UN) Provinsi Papua dari berbagai tingkatan yakni SD, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK, sebanyak 122.460 siswa.

Ketua Panitia Ujian Nasional Tingkat Provinsi Papua, Yulianus Kuayo, mengatakan 122.460 peserta ini terdiri dari 54.609 siswa SD, 39.021 siswa SMP/MTS, 20.512 siswa SMA/MA dan 8.318 siswa SMK.

“Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi, untuk SD dan SMP menjadi kewenangan kabupaten/kota, namun dari pengalaman selama ini provinsi hanya memastikan pelaksanaannya sudah siap sesuai jadwal yang telah ditetapkan Kemendikbud secara nasional,” katanya.

Menurut Yulianus, data peserta ujian nasional di berbagai tingkatan dan tempat pelaksanaannya sudah siap, bahkan bahan soal untuk mata pelajaran yang dibuat oleh provinsi juga sudah disiapkan.

“Bahan soal dari provinsi sudah siap, di mana dalam waktu dekat provinsi akan melaksanakan rapat koordinasi dengan kabupaten/kota, LPMP dan pemangku kepentingan terkait lainnya dalam memastikan semua kesiapan sesuai tugas dan wewenang dari masing-masing institusi yang terlibat,” ujarnya.

Dia menjelaskan secara umum kendala yang dialami adalah sarana kesiapan untuk ujian berbasis komputer, di mana yang menjadi masalah tersendiri terutama kesediaan komputer dan perangkat, lalu akses internet yang sering terjadi gangguan.

“Tetapi dari pengalaman selama ini, kami lakukan antisipasi secara baik, yakni pihak dinas berkoordinasi dengan Telkom juga termasuk listrik dan PLN agar membantu terutama di hari-hari pelaksanaan ujian,” katanya lagi.

Dia menambahkan meskipun demikian pada 2018, Provinsi Papua mengalami kemajuan terutama kesiapan sekolah untuk ujian berbasis komputer yang tiap tahunnya mengalami peningkatan dan diyakini semua dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Papua Elias Wonda mengatakan, umumnya para pelajar sudah siap mengikuti UN yang akan dilaksanakan di 29 kabupaten/kota di Papua.

Ia mengaku, UN tahun 2018 rencananya akan digelar pada bulan April untuk tingkat SMA/MA/SMK/. Sementara untuk tingkat SMP/MTs/Program pada bulai Mei 2018.

Sementara untuk bahan UN, ujar Elias Wonda sudah siap dan selanjutnya didistribusikan kepada 29 kabupaten/kota dengan menggunakan tranportasi darat, udara maupun laut.