Pasific Pos.com
Papua Barat

Jl. Trikora, Kaimana Berdebu dan Banyak Kerikil yang Berhamburan

Kaimana, TP – Warga mengeluhkan kondisi di Jl. Trikora dari pertokoan hingga ke Jl. Utarum, Kaki Air, Kabupaten Kaimana. Sebab, di badan jalan banyak kerikil yang berhamburan dan berdebu.

Akibat kerikil yang berserakan dan berdebu, para pengendara, khususnya pengendara sepeda motor dan becak, terpaksa mengenakan masker untuk menutupi hidungnya ketika melintas di Jl. Trikora.

Selain pengendara, ibu-ibu yang berjualan di daerah pertokoan, tepatnya di dekat pintu keluar Pelabuhan Kaimana, mengaku dagangannya tidak laku, lantaran warga tidak mau berbelanja akibat jalanan yang berdebu dan banyak kerikil yang berserakan.

Anton, seorang tukang becak mengaku, kerikil yang berserakan di Jl. Trikora dan berdebu ketika dilintasi truk bermuatan material dan angkutan kota, tentu saja sangat mengganggu kesehatan.

“Kami sangat setengah mati jika melewati jalan di pertokoan itu, karena truk yang bermuatan kerikil ini sangat laju-laju mengejar muatan,” jelas Anton kepada wartawan di Jl. Trikora, kemarin.

Hal senada dikeluhkan penjual sayur di kawasan pertokoan, Suminam. Ia mengatakan, truk yang bermuatan kerikil tidak menutup baknya dengan rapat, sehingga kerikil berhamburan ke badan jalan.

Menurutnya, kondisi semakin parah saat berdebu, karena mereka melintas dengan kecepatan tinggi. “Kami hanya bisa mengeluh. Memang hanya jalan satu-satunya, ya harus melewati jalan ini, tapi dengan muatan truk, tidak harus balap-balap supaya jangan berdebu,” harap Suminam.

Untuk mengantisipasi jalan tidak terlalu berdebu, ia mengaku, para pedagang hanya menyiram jalan dengan air ketika menjelang sore. [CR41-R1]