Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Jelang Lebaran, Penumpang Pesawat di Bandara Sentani Meningkat 10 Persen

SENTANI – Pihak Bandar Udara (Bandara) Sentani menyatakan jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengalami peningkatan sekitar 5 persen hingga 10 persen mulai satu pekan jelang Lebaran 2018.

“Jadi, untuk lonjakan penumpang sejak kemarin belum ada. Namun tadi (kemarin) pagi kami tanyakan ke pihak airline sudah mulai terlihat ada peningkatan. Walaupun belum seberapa lonjakannya, namun sudah terlihat ada peningkatan lonjakan penumpang, kata Kepala Bandar Udara (Kabandara) Sentani, Antonius Widyo, saat ditemui di Posko Terpadu Lebaran 2018, Kamis (7/6/18) pagi.

Ia menjelaskan sejak Kamis 7 Juni kemarin, per hari jumlah penumpang mencapai 7.000 orang sampai 8.000 orang yang datang maupun berangkat dari Bandara Sentani. Naik dari rata-rata 6.000 orang penumpang pada hari-har biasanya.
Peningkatan ini, kata dia menunjukkan tingkat okupansi atau keterisian pesawat juga naik menjadi 5 persen sampai 10 persen.

“Artinya bahwa kursi yang tersedia untuk melayani pemudik dari dan menuju Bandara Sentani mulai diminati.
Berarti ada peningkatan penumpang kalau dilihat statistik angkutan udara diminati trennya naik karena masyarakat merasa atau menilai aman, nyaman dan tepat waktu. Nah, Kurang lebih sekitar 5 sampai 10 persen perkiraan kita untuk lonjakan penumpangnya. Sama seperti tahun-tahun lalu juga sebesar itu jumlah penumpang yang datang maupun berangkat itu kurang lebih 5 persen sampai 10 persen peningkatannya, ujar Antonius Widyo.

Ia memperkirakan puncak arus mudik pengguna pesawat di Bandara Sentani akan mencapai puncak pada H-7 dan H-5 Lebaran 2018.

Diprediksi puncak arus mudik topnya itu nanti pada H-7 dan H-5, atau pada tanggal 8, 9 dan 10. Diprediksi jumlah penumpang sekitar 8.000 orang penerbangan domestik terutama tujuan ke Makassar dan Surabaya, katanya lagi.

Dia menambahkan untuk memastikan layanan pemudik aman, pihak Bandara Sentani telah mendirikan satu unit posko terpadu Lebaran 2018 untuk memantau aktivitas transportasi udara di daerah ini yang difungsikan mulai 7 Juni hingga 24 Juni 2018.

Mereka yang terlibat posko terpadu tersebut, yakni petugas gabungan di antaranya dari Otoritas Bandara Wilayah X Merauke, aparat TNI Angkatan Udara setempat, Polri dalam hal ini Polres Jayapura dan pihak Bandara Sentani.

Letak Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2018 itu tepat berada di depan terminal keberangkatan domestik Bandara Sentani atau tidak jauh dari ruang terminal kedatangan penumpang domestik.