Pasific Pos.com
Papua Barat

Jelang Hut RI ke-73, Ini Pesan Jakonias Sawaki

Manokwari, TP – Dalam rangka menyonsong Hut Republik Indonesia Ke-73 tahun, Badan Kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat diminta agendakan rapat koordinasi untuk membahas kesiapan perayaan kegiatan dimaksud.

Asisten II bidang ekonomi pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Jakonias Sawaki mengatakan, untuk itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait jangan hanya terus menunggu sampai dekat waktu pelaksanaan atau harinya baru-lah dilkukan rapat koordinasi.

Sebab, diungkapkan Sawaki, paling sering terjadi, berbagai lomba yang dilaksanakan dalam memeriahkan Hut RI tidak terakomodir dengan baik secara anggaran dan kesiapan. 

“Akibatnya panitia tagih-tagih di OPD,  kita harus benahi dengan baik supaya kalau ada lomba panitia bisa fokuskan di anggaran,” ucap Sawaki kepada Tabura Pos di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (25/6).

Dirinya meminta, agar supaya rangkaian perayaan Hut RI ke-73, tahun ini dapat dilaksanakan secara sederhana dan tidak dibesar-besarkan. 

Menurut dia, yang harus dilakukan Pemerintah daerah dalam perayaan Hut RI ke-73 nanti, membuat moment kemerdekaan yang memberikan pemahaman dan ilmu kepada generasi muda bahwa bangsa Indonesia merdeka karena adanya pertumpahan darah yang dilandasi perjuangan para Pahlawan.

“Jangan buat moment yang besar-besar terus nanti ada yang dijemput penegak hukum, kalau memang untuk jadi saksi tidak masalah tapi kalau jadi tersangka, susah lagi,”  tandasnya.[BOM]