Pasific Pos.com
Papua Tengah

Jaringan Internet Tak Bermasalah, 62 Murid SMP YAPIS Sukses Simulasi

NABIRE – Semenjak, Rabu 14 dan Kamis 15 Februari 2018 berdasarkan jadwal dan kalender Pendidikan Nasional, maka sebanyak 62 murid kelas III SMP YAPIS Nabire sukses mengikuti kegiatan Simulasi tahap II Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP.

Dimana untuk kegiatan Simulasi tahap II, di hari pertama dengan dua bidang studi, Bahasa Indonesia dan Matematika, sementara di hari kedua bidang studi Bahasa Inggris dan IPA terpadu. Sepanjang jalannya kegiatan Simulasi UNBK bagi 62 siswa/siswi asal SMP YAPIS Nabire ini dinilai berjalan aman dan lancar, karena didukung jaringan internet dan listrik milik PT PLN Rayon Nabire yang aktif tanpa gangguan apapun.

Demikian terang Kepala SMP YAPIS Nabire Kaharuddin, S.Pd,M.Pd, kepada Papuapos Nabire, Kamis (15/2), seraya menambahkan, suksesnya simulasi tahap II ini bukan saja dari pihak sekolah, akan tetapi adanya dukungan yang sangat luar biasa dari Bupati Nabire melalui Dinas Pendidikan.

Sehingga adanya perhatian soal jaringan internet serta perhatian yang serius juga dari PT PLN Rayon Nabire dan simulasi ini merupakan proses bagi anak atau peserta UNBK untuk belajar membuka komputer dan mengakses soal lewat komputer server yang disediakan.

Untuk itu, mulai dari tahapan pertama hingga tahapan kedua simulasi UNBK, semua murid atau peserta ujian diwajibkan untuk mengikutinya, karena saat ujian utama atau UNBK bukan lagi waktunya belajar atau bertanya lebih panjang, tetapi waktunya mengerjakan soal-soal ujian lewat komputer.

Dengan demikian dalam menghadapi semua kegiatan ujian hingga ujian utama nanti sangat diharapkan dukungan dan kerja sama antara pihak orang tua murid dan sekolah, dimana orang tua murid diharapkan memberikan pengawasan yang ketat dan selalu mengajak anak untuk banyak belajar di rumah.(des)