Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Jalan Alternatif Kodam Baru dan Lama Diresmikan

 

JAYAPURA, – Ruas jalan alternatif di Kodam Baru dan Kodam Lama, telah diresmikan pengoperasiannya, ditandai dengan penandangan prasasti, pada Rabu (21/2/18).

Jalan yang dikerjakan dari Agustus 2017 menghubungkan dari Waena-Kotaraja-Kantor Wali Kota Jayapura-Pusat Kota Jayapura, begitu juga sebaliknya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR) Kota Jayapura, Nofdi J. Rampi mengatakan pembangunan jalan dimaksud sudah selesai 100 persen.

Meski demikian, jalan altenatif sepanjang 3580 meter ini belum sepenuhnya sempurna karena masih membutuhkan dana untuk memasang pengaman jalan dan pelebaran lanjutan.

“Kami menggunakan DAK penugasan dan DAU Pemkot Jayapura 2017. Pekerjaan fisik Rp 9.55 miliar dan pengawasan Rp 240.351. Sedangkan alokasi DAU untuk pekerjaan konsultan perencanaan Rp 200 juta,” kata Nofdi.

Mewakili Pangdam XVII Cenderawasih Jayapura, Letkol czi, Ryke Anaxi, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura yang sudah mewujudkan pembangunan jalan.

“Ruas jalan Kodam Baru dan Kodam Lama merupakan jaringan jalan alternatif, namun kondisi kedua ruas jalan ini tidak nyaman karena hanya empat meter sehingga sangat sempit dan berbahaya apabila kendaraan saling berpapasan,” kata Ryke.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Jayapura, M. Nurjainudin Konu mengatakan sejak 2002 Pemerintah Kota Jayapura melaksanakan pembangunan jalan alternatif seluas 10,68 kilometer.

Jaringan jalan alternatif tersebut menghubungkan Pertigaan Perumnas III Waena-Asrama Mahasiswa Uncen Waena-Kampung Buton Skyline-Kolam Buaya Entrop-Kantor Wali Kota Jayapura-Kodam Baru-Paldam.

Jalan alternatif ini digunakan masyarakat untuk melaksanakn kegiatan sehari-hari. Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi kemacetan.

“Kami beterima kasih kepada Kodam XVII Cenderawasih yang sudah mengijinkan sebagian tanahnya untuk digunakan. Saya pesan segera pasang marka jalan seperti rambu-rambu lalu lintas. Mari masyarakat mentaati peraturan jalan agar selamat di jalan,” kata Nurjainudin.