Pasific Pos.com
Papua Selatan

Jadi SKPD, Distrik Kelola Anggaran Sendiri

MERAUKE,ARAFURA,- Dengan menjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sendiri, distrik diberikan kewenangan untuk mengurus dan mengatur kebutuhannya sendiri termasuk dalam pengelolaan anggaran. Karena itu, diharapkan kedepan distrik semakin baik, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Tidak menungu lagi dari pemerintah, tetapi kebutuhan diakomodir dari dana yang telah dialokasikan,”terang Kepala Distrik Merauke, Kristian Ndiken, ketika dikonfirmasi wartawan di Hotel Megaria, Kamis (18/1/18).
Selain itu menurutnya, dana yang telah dikasih juga sebagai bentuk kepercayaan pemerintah daerah kepada distrik, sehingga itu harus dikelola dengan baik. Untuk Tahun 2018, Distrik Merauke mendapat alokasi anggaran sebesar 800 ratus juta rupiah.

“Harapan kita, (dengan menjadi SKPD) tugas-tugas juga lebih mudah lagi, dan menjadi penyemangat bagi semua distrik. Dari dulu memang kita harapkan distrik harus SKPD, dan saya pikir distrik siap untuk (jadi) SKPD,”tukasnya.

Sementara itu, hal senada juga dikemukakan Asisten I Sekda Kabupaten Merauke, Sunarjo,S.Sos di sela-sela acara penyerahan hadian lomba intensifikasi dan ekstensifikasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P-2) tingkat distrik, kelurahan dan kampung se Kabupaten Merauke Tahun 2017 di Aula Hotel Megaria, Kamis (18/1/18).

Menurutnya, Tahun 2018 ini evorianya di distrik itu adalah SKPD sendiri. Karena itu, jika selama ini operasional distrik itu diberikan, tetapi dengan SKPD sendiri maka distrik mengelola sendiri sesuai kebutuhan dan mempertanggungjawabkan sesuai aturan yang ada.