Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Jadi Peserta JKN KIS Agar Tak Panik Jika Mendadak Sakit

BPJS Kesehatan Wamena
Kemius Sambom saat menunjukkan kartunya (foto:ist)

WAMENA, ARAFURA,-Kemius Sambom (29) adalah seorang pria yang berasal dari Distrik Yalimo yang datang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Wamena untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Saat ditemui tim Jamkesnews di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Kemius mengungkapkan perasaannya tentang pentingnya menjadi peserta JKN-KIS yang dianggapnya dapat memudahkan dirinya saat berobat di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Saya merasa puas karena pelayanan yang diberikan cukup baik. Sejak dari pintu masuk hingga pulang, saya dilayani oleh satpam dan petugas BPJS Kesehatan yang bertugas di frontliner dengan sangat ramah,” ujar Kemius senang.

Secara pribadi, Kemius dan keluarganya kini merasa lebih nyaman dan tenang karena sudah terlindungi oleh Program JKN-KIS. Dengan demikian, dirinya tak perlu panik di kala mendadak jatuh sakit karena sudah ada kepastian penjaminan biaya pelayanan kesehatannya.

“Saya juga memilih fasilitas kesehatan yang terdekat dengan rumah saya yaitu Puskesmas Abenaho. Tujuannya tentu agar saya lebih mudah ketika berobat di fasilitas kesehatan. Tapi mudah-mudahan tidak saya pakai kartu JKN-KIS ini. Mudah-mudahan sehat selalu. Iuran saya biar dipakai orang lain saja yang lebih membutuhkan. Harapan saya, iuran saya bisa sedikit banyak membantu mereka,”ungkapnya.

Diakhir pelayanannya, Kemius menyampaikan terima kasih kepada petugas BPJS Kesehatan yang bertugas karena telah melayaninya dengan baik. Ia juga berharap, pelayanan BPJS Kesehatan bisa makin disempurnakan di kemudian hari. “Untuk jaminan kesehatan, saya percayakan kepada BPJS Kesehatan. Semoga seluruh peserta JKN-KIS di luar sana juga punya pemikiran yang sama dengan saya,” ucapnya.

Artikel Terkait

Pemerintah Pusat Dinilai Tidak Etis Jika Menaikan Iuran BPJS Kesehatan Di tengah Covid-19

Tiara

Perpres 64/2020: Pemerintah Beri Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Arafura News

Iuran Peserta JKN-KIS Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan

Zulkifli

BPJS Kesehatan Bantu Verifikasi Klaim Rumah Sakit Terkait Corona

Arafura News

Ada Chika Dan Vika, Urus JKN KIS Lebih Mudah

Arafura News

BPJS Kesehatan Siap Melaksanakan Verifikasi Klaim Covid-19

Zulkifli

Hidup Sehat Berawal Dari Kebiasaan Cuci Tangan

Arafura News

Social Distancing Tak Kurangi Mutu Layanan BPJS Kesehatan

Arafura News

Kisah Nova, Turun Ke Pelosok Demi Lindungi Masyarakat

Arafura News