Pasific Pos.com
Papua Barat

Izin Truk Pengangkut Galian C yang tak Ditutup Terancam Dicabut

Manokwari, TP – Pihak Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Manokwari akan menjalin kerja sama dengan Satlantas Polres Manokwari untuk menertibkan truk-truk pengangkut material galian C yang tidak ditutup. Hal itu lantaran sudah ada instruksi Bupati Manokwari agar setiap truk yang mengangkut material galian C wajib ditutup.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PKP Kabupaten Manokwari, Albert Simatupang kepada wartawan usai halal bi halal di kantor Dinas PKP Manokwari, Jumat (22/6).

Dia mengemukakan, terkait dengan trik-truk yang mengangkut galian C, pihaknya sudah mengedarkan instruksi dari Bupati Manokwari dan sudah menyosialisasikannya sejak 2017 hingga sekarang. Instruuksi tersebut mewajibkan setiap truk pengangkut galian C untuk menutup truk dengan terpal. Hal itu dimaksudkan agar galian C yang dimuat tidak menimbulkan kecelakaan dan mengotori badan jalan.

“Namun demikian, masih ada pengemudi truk yang bandel dan tidak menaati instruksi Bupati Manokwari,” ujar Simatupang.

Dia menuturkan, setelah melakukan survei, pihaknya masih menemukan sejumlah pengemudi truk yang tidak menaati instruksi tersebut. Oleh karena itu, pada pekan depan atau bulan Juli nanti pihaknya akan bekerja sama dengan Satlantas Polres Manokwari untuk menertibkan truk-truk yang tidak mematuhi instruksi bupati tersebut.

Bila nanti pihaknya menemukan ada truk yang tidak ditutup, maka pengemudinya akan mendapatkan teguran. Jika teguran tersebut tidak diindahkan juga, maka pihaknya akan mencabut izin truk pengangkut galian C dimaksud

“Kalau juga tetap tidak diindahkan, maka akan dilimpahkan ke kepolisian. Mungkin nanti SIM-nya dicabut atau STKN-nya bagaimana, itu nanti perlu koordinasi lebih lanjut,” tandasnya. (CR44)