Pasific Pos.com
Info Papua

Izak Pangemanan Jenderal Pertama Jabat Danrem 172/PWY

Danrem 172/PWY
Brigjen TNI Izak Pangemanan

Jayapura, – Brigjen TNI Izak Pangemanan adalah Jenderal pertama yang memimpin Korem 172/PWY setelah mengalami perubahan organisasi di lingkungan TNI AD.

Sebelumnya Korem 172/PWY dipimpin oleh seorang Perwira Menengah berpangkat Kolonel, kini dipimpin oleh seorang Perwira Tinggi berpangkat Brigadir Jenderal TNI atau Bintang Satu.

Hal ini dikatakan Jepala Penerangan Korem 172/PWY Mayor Chk Eka Yudha. “Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan status satuan Korem 172/PWY dari sebelumnya Tipe B menjadi Tipe A, sehingga berdampak pula dengan perubahan unsur Pimpinan di Korem 172/PWY,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kenaikan status ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Korem dari Tipe B ke Tipe A. Ditandatangani Presiden RI tanggal 11 September 2019 lalu dan diserahkan ke Mabes TNI.

“Kemarin (Rabu,10/6) telah dilaksanakan laporan korps kenaikan pangkat kepada bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta Pusat, yang sehari sebelumnya (Selasa,9/6), 74 orang Pati TNI AD bersama 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU di Mabes TNI telah melaksanakan laporan korps kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dengan demikian Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Izak Pangemanan telah resmi menyandang pangkat Brigadir Jenderal TNI atau bintang satu”, ujar Eka di Jayapura, Kamis (11/6).

Pelaksanaan kenaikan pangkat Danrem 172/PWY dari Kolonel menjadi Brigadir Jendral TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin /1054/Vl/2020 tanggal 3 Juni 2020 tentang Kenaikan Pangkat kedalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1990, dan lama menghabiskan masa dinasnya di korp baret merah (Kopasus), sebelumnya Izak juga pernah menjabat sebagai Danrindam XVII/Cenderawasih, sehingga saat ini menjabat sebagai Danrem 172/Praja Wira Yakthi di Abepura, sudah tidak asing lagi untuk berdinas di tanah Papua.

Putra kelahiran Manado Sulawesi Utara ini adalah Perwira Tinggi TNI AD yang resmi menjabat sebagai Komandan Korem 172/PWY sejak melaksanakan sertijab pada tanggal 6 Mei lalu, dan merupakan Danrem 172/PWY pertama yang berpangkat Bintang Satu.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan bahwa peningkatan status Korem 172/PWY merupakan sebuah tantangan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Ini adalah sebuah tantangan bagi kami (Korem) untuk bisa lebih memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara khususnya kepada masyarakat Papua”, ujar Izak saat dihubungi.

Artikel Terkait

Pembentangan Merah Putih Di Jembatan Merah Menyatukan Seluruh Elemen Masyarakat

Fani

Meriahkan HUT RI ke 75 Bersama Anak Anak Di Pesisir Danau Sentani

Fani

Danrem 172/PWY : Hapus Luka Lama Dengan Saling Memaafkan

Fani

Masyarakat Pendatang Diminta Berperan Aktif Dalam Penyelesaian Konflik Papua

Fani

Putra Terbaik Port Numbay Jabat Dandim 1715/Yahukimo

Fani

Tingkatkan Ketahanan Pangan Danrem 172/PWY Jalin Kordinasi Dengan Bulog

Fani

Danrem 172/PWY : Pahami Konflik Papua

Fani

Korem 172/PWY Musnahkan Miras Dan Ganja Hasil Sitaan

Fani

Danrem 172/PWY : Kehadiran Satuan Pengaman Bandara Guna Memberi Rasa Aman Bagi Penerbangan

Fani