Petugas TKSK Diberikan Bimtek Jejaring Kerja | Pasific Pos.com

| 19 April, 2019 |

Petugas TKSK Diberikan Bimtek Jejaring Kerja

Index Info Papua Penulis  Kamis, 18 September 2014 03:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Untuk meningkatkan kualitas dari para TKSK tersebut, maka Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada TKSK yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota se Papua. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel New Horizon tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemukiman Papua Ribka Haluk, Rabu siang kemarin.
Dalam sambutannya, kata Ribka Haluk, TKSK merupakan pelaksana pendampingan sosial yang bisa menjembatani program pemerintah untuk mengerahkan masyarakat dan potensi kesejahteraan sosial lainnya.
“Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Sosial provinsi, kabupaten/kota diharapkan dapat membina dan mendayagunkan TKSK dalam pembangunan kesejahteraan sosial,” ungkapnya.
Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis jejaring TKSK ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan mensinergikan program pembangunan kesejahteraan sosial yang konprehensif baik dalam aspek jangkauan maupun dalam aspek peningkatan kualitas pelayanan sosial bagi masyarakat di provinsi Papua, sehingga pelayanan terhadap masyarakat memiliki pola penanganan menyentuh langsung pada akar masalah.
“Tujuan bimbingan jejaring kerja TKSK diharapkan meningkatkan pemahaman TKSK  tentang tugas dan fungsi sebagai relawan sosial ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat,” tandasnya.
Perlu disadari bahwa masih banyak masyarakat yang memerlukan pelayanan dan uluran tangan mengingat kondisi dan tempat yang begitu terpenil, sehingga belum tersentuh terutama didaerah pedalaman, gunung lembah pesisir dan kepulauan terluar yang terbaikan.
“Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua, untuk melakanakan program-program pengentasan daerah tertinggal, terpencil, terisolir dan terbaikan yang nota bene permasalahan sosial menumpuk disana,” terangnya.
Oleha sebab itu, peran dan tugas TKSK  adalah mengidentifikasi dan inventarisasi, pelayanan kesejahteraan sosial dan potensi sumber kesejahteraan sosial serta melakukan bimbingan  dan penyuluhan sosial, pengembangan jejaring dan koordinasi dalam penyelenggaraan usaha kesejahteraan sosial serta monitoring, evaluasi dan pelaporan.
“Jika dilihat selama kurang lebih empat tahun sejak terbentuknya TKSK peran TKSK belum begitu nampak jika diprosentasikan dengan kuantitas permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di provinsi Papua,” pungkasnya.

Dibaca 1518 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.