KPU Fakfak Tetapkan DONMA Penuhi Syarat Ikut Pemilukada | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

KPU Fakfak Tetapkan DONMA Penuhi Syarat Ikut Pemilukada

Penulis  Senin, 16 November 2015 13:29

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak telah menetapkan Pasangan Drs.Donatus Nimbitkendik, M.TP dan Hi.Abdul Rahman, SE sebagai Calon Peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Fakfak Tahun 21015 pada tanggal 9 Desember 2015 yang akan datang.

Hal ini tertuang di dalam Keputusan KPU Kabupaten Fakfak Nomor 5 Tahun 2015 tentang Perubahan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Fakfak Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Fakfak Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Penetapan Pasangan Calon Sebagai Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Tahun 2015, tanggal 13 November 2015.

Di dalam Keputusan KPU Fakfak tersebut diputuskan dan ditetapkan pasangan Calon Nomor Urut 2 atas nama Drs.Donatus Nimbitkendik, M.TP (Calon Bupati) dan Hi.Abdul Rahman, SE (Calon Wakil Bupati) adalah Memenuhi dan Syarat (MS) sebagai Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015.

KPU Kabupaten Fakfak juga memutuskan dan menetapkan 3 (tiga) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak Tahun 2015, yaitu : 1.Drs.Mohammad Uswanas, M.Si (Calon Bupati) dan Ir.Abraham Sopaheleuakan, M.Si (Calon Wakil Bupati), 2.Drs.Donatus Nimbitkendik, M.TP (Calon Bupatidan Hi.Abdul Rahman, SE (Calon Wakil Bupati), dan 3.Ivan Ismail Madu, S.Sos (Calon Bupati) dan Drs.Fransiscus Hombore, M.Si (Calon Wakil Bupati).

Dengan demikian maka klien kami pasangan DONMA sudah sah memenuhi syarat ikut serta sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Tahun 2015, 9 Desember 2015 mendatang.

Sebagai salah satu Advokat Senior di Tanah Papua, saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Ketua dan para Komisioner KPU Kabupaten Fakfak yang berani dan tegas dalam menjalankan Keputusan Sengketa dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Fakfak.

Sekaligus sebagai contoh penting bagi KPU-KPU lain di wilayah Propinsi Papua Barat dan Tanah Papua yang berani dengan segera dalam waktu singkat menjalankan keputusan dan rekomendasi Panwaslu setempat.

Hal ini telah sangat sejalan dengan isi amanat pasal 142, pasal 143 dan pasal 144 dari Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang Undang.

 

Peace,
 
Yan Christian Warinussy
Koordinator Tim Kuasa Hukum Pasangan DONMA/Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua/Peraih Penghargaa Internasional di Bidang HAM "John Humphrey Freedom Award' Tahun 2005 dari Canada/Koordinator Komisi HAM. Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan pada Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari/Salah satu Anggota Steering Commitee Foker LSM se-Tanah Papua .-
Dibaca 1550 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.