Puskesmas Harapan Tekan MoU Dengan Pusat Studi Malaria Poltekkes Jayapura | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Puskesmas Harapan Tekan MoU Dengan Pusat Studi Malaria Poltekkes Jayapura

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 09 Desember 2019 02:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

  Sentani,- Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam 10 besar penyakit di Papua sehingga untuk membatasi penyebaran penyakit malaria di wilayah kerja Puskesmas (PKM) Harapan, Kabupaten Jayapura, maka pihak manajemen Puskesmas Kampung Harapan mengadakan kerjasama dengan Pusat Studi Malaria Poltekkes Kemenkes Jayapura.

   Wadir I Poltekkes Kemenkes Jayapura, I Rai Ngardita, SKM.,M.Kes usai membuka kegiatan Pelatihan Kader Detektif Jentik dan Publikasi Inovesi Detik Berjalan Detektif Cilik Berantas Jentik Malaria di Harapan serta penandatanganan MoU dengan Pusat Studi Malaria Poltekkes Kemenkes Jayapura dan SD Negeri Inpres Harapan, Rai menjelaskan, kami di Poltekkes Kemenkes di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan kami disarankan untuk masing-masing Poltekkes membentuk pusat unggulan.

   Dengan demikian, kata di Poltekkes Jayapura sesuai dengan visi yaitu keunggulannya pada AIDS, TB dan Malaria (ATM), maka Poltekkes Jayapura mengambil Pusat Unggulan Ipteks Malaria sebagai unggulan. Di dalam pusat unggulan ini nanti akan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, yaitu kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen yang tergabung di dalam Pusat Unggulan Ipteks Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) Jayapura difokuskan.

   “Nanti penelitiannya adalah penelitian dasar maupun penelitian terapan tentang malaria. Kemudian dari hasil penelitian nantinya akan dibawa ke pusat untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang ada di masyarakat yang berkaitan dengan malaria,” terang Rai. Sehubungan dengan kegiatan tersebut maka PUI-PK perlu mengadakan kerjasama dengan beberapa instansi, dalam hal ini kami pada hari ini Sabtu (30/11/2019) mengadakan kerjasama dengan Puskesmas Harapan. Dimana disini salah satu kegiatan dari hasil dosen Poltekkes Jayapura adalah kegiatan detektif jentik.  
     
   Jadi harapan kami bahwa, nanti dari penelitian itu nanti bisa disebarluaskan kepada masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah malaria yang ada di masyarakat. “Kami berharap, nantinya kedepan akan banyak kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh PUI-PK dengan instansi maupun dengan masyarakat sehingga dengan adanya PUI-PK malaria di Poltekkes Jayapura ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan bebas malaria di Papua.

   Juga sesuai dengan harapan Pemerintah Provinsi Papua tahun 2020 di Papua ada iven besar yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  di Papua, maka kita berharap PUI-PK Poltekkes Jayapura juga bisa berpartisipasi membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam hal kecil tentang malaria, itu yang kami harapkan. Untuk kedepannya, diharapkan supaya ada banyak penelitian-penelitian dari dosen-dosen Poltekkes Jayapura, baik tentang terapi, pencegahan maupun implementasi malaria di masyarakat dengan adanya kerjasama-kerjasama yang ada.

   Sementara itu, Kepala Puskesmas Harapan, dr. Hanaver Budianto mengatakan, hari ini kami sudah melakukan kegiatan suatu pelatihan kader malaria dimana melalui kerjasama dengan Pusat Studi Malaria di Poltekkes Kemenkes Jayapura dan SD Negeri Harapan. “Kerjasama ini dapat kami lakukan untuk mencoba menurunkan angka malaria di Kampung Harapan. Dimana melalui anak-anak SD yang kita sebut dengan Detektif Cilik Jentik ini dapat membantu untuk mencari faktor-faktor jentik-jentik malaria dan selain itu kita mencoba dari fase ini kita mau membatasi penyebaran tingginya malaria di Kampung Harapan. Lalu kader-kader ini kita latih juga untuk membantu kami di Puskesmas Harapan,” terang dr. Hanaver Budianto. (Hendry Holago)

Dibaca 102 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik