Agus Akui Bumdes Belum Berjalan Optimal | Pasific Pos.com

| 29 January, 2020 |

Agus Akui Bumdes Belum Berjalan Optimal

Papua Barat Penulis  Sabtu, 07 Desember 2019 00:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP - Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)  di Kabupaten Teluk Bintuni sampai saat ini belum berjalan optimal. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Administrasi Kampung Agus Wiratno, SE kepada wartawan belum lama ini di Bintuni.

Agus mengatakan, dari 115 kampung di Teluk Bintuni baru 34 kampung yang membentuk Bumdes diantaranya, berada di distrik Mayado, Weriagar, Moskona Utara, Tuhiba, Sibena, Kaitaro, Manimeri, Bintuni.

“Dari Bumdes-bumdes ini diantaranya ada yang sudah mengelola permodalan dan ada yang baru pembentukan serta pelatihan. Kita memantau Bumdes ini kayaknya belum optimal, masih perlu pembinaan,  ibaratnya orang kalau mau dipaksakan lari kan tidak bisa jadi perlu dibina," sebutnya.

Menurutnya, tidak optimalnya pengelolaan Bumdes dikarenakan masih diperlukannya pembinaan manajemen bisnis yang baik serta studi kelayakan Bumdes.

“Karena kebanyakan mereka di kampung sibuk buat Bumdes tapi studi kelayakannya tidak dilihat, apa bidang usahanya yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan," ujarnya.

Lanjut dia, dari sebanyak 34 Bumdes ini yang saat ini masih berjalan adalah Bumdes kampung Waraitama SP 1 distrik Manimeri yakni usaha bata merah.

“Tidak optimalnya Bumdes ini juga dikarenakan adanya kebiasaan hutang warga yang menyebabkan tidak berjalan baik salah satunya seperti Bumdes yang mengelola sembako di bagian Moskona banyak yang hutang sehingga tidak terbayar. Adapun dari 34 Bumdes ini bergerak diberbagai macam bidang, diantaranya ada yang dibidang wisata, sembako, BBM, pengepul udang serta batu merah,” pungkasnya. [ABI-R4]

Dibaca 139 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.