Alat Pengujian Kendaraan Sudah Ada, Dinas Perhubungan Manokwari Didesak Segera Selesaikan Renovasi Gedung PKB | Pasific Pos.com

| 29 January, 2020 |

Alat Pengujian Kendaraan Sudah Ada, Dinas Perhubungan Manokwari Didesak Segera Selesaikan Renovasi Gedung PKB

Papua Barat Penulis  Sabtu, 07 Desember 2019 00:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Dinas Perhubungan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manokwari kini berupaya memperbaiki gedung Pengujian Kendaraan Bermotor di Kelurahan Sowi agar dapat digunakan. Sebab, alat mengujian kendaraan bermotor sudah ada di Manokwari.

Kepala Dinas Perhubungan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manokwari, Albert Simatupang, mengatakan, berbicara soal pendapatan daerah dari retribusi, termasuk dari Dinas Perhubungan, maka langkah pertama yang dilakukan adalah pembenahan sarana dan prasarana serta SDM  Kedua hal itu cukup vital, sehingga jika dibenahi maka pendapatan daerah bisa meningkat.

Menurutnya, Dinas Perhubungan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manokwari memiliki satu Unti Pelaksana Teknis (UPT) yakni UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang selama ini tidak beroperasi. Namun, saat ini alat pengujian kendaraan bermotor sudah ada di Manokwari, yang pengadaannya dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat. Untuk itu, kata dia, Pemkab Manokwari perlu mempersiapkan gedung PKB dan lahan parkir.

“Jadi di Desember ini kita sudah bekerja untuk merenovasi gedung yang tidak layak, dari atap, plafon, pagar, semua kita sudah dalam upaya renovasi. Sementara alat uji kendaraan bermotor sudah ada. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Papua Barat sudah mendesak kita segera menyelesaikan renovasi gedung PKB agar penempatan peralatan bisa dilaksanakan dalam bulan Desember ini,” kata Simatupang kepada para wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Renovasi gedung PKB pada tahun ini menggunakan dana yang dialokasikan dalam APBD Perubahan 2019. Namun, jumlah anggaran itu kemungkinan tidak cukup.

Oleh sebab itu, Simatupang berharap pada tahun 2020 ada lagi anggaran dari Pemkab Manokwari untuk menyelesaikan semua pembangunan gedung PKB. Sebab, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Papua Barat berencana melaunching kembali pada tahun 2020.

“Jadi akan diaktifkan kembali di tahun 2020,” sebutnya.

Dia mengaku, dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) 2020 pihaknya memasukkan anggaran untuk perbaikan gedung PKB. Pihaknya pun mengusulkan anggaran renovasi gedung sebesar Rp 4 miliar lebih yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, dalam APBD 2020 tidak ada anggaran tersebut.

“Mungkin itulah yang nanti kami minta ke Pak Bupati kebijakan,” imbuhnya.

Sebab, menurut dia, retribusi dari pengujian kendaraan bermotor dalam setahun bisa mencapai Rp 500 juta. Dengan demikian, jika Pemkab Manokwari menganggarkan dana Rp 4 miliar, maka dalam empat tahun anggaran itu sudah dibisa ditutup kembali dari retribusi kendaraan bermotor.  (BNB)

Dibaca 2600 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.