Perwakilan Kemendagri, Kemendes, dan Baharkam Mabes Polri Melakukan Kunjungan Ke Kampung Wamesa Anday | Pasific Pos.com

| 29 January, 2020 |

Perwakilan Kemendagri, Kemendes, dan Baharkam Mabes Polri Melakukan Kunjungan Ke Kampung Wamesa Anday

Papua Barat Penulis  Sabtu, 07 Desember 2019 00:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP –Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui perwakilannya Kasubdit Pendapatan dan Transfer Dana Desa, Rahayu Ningsih, Perwakilan Kementerian Desa (Kemendes), Raful dan Perwakilan Baharkam Mabes Polri, Kombes Pol Muhammad Zeno didampingi Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa serta Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto melakukan kunjungan ke Kampung Wamesa Jl. Trikora Anday Manokwari pada, Kamis (5/12).

Dalam kunjungannya, Baharkam Mabes Polri, Kombes Pol Muhammad Zeno mengungkapkan, kunjungan tersebut dalam rangka untuk menampung, dan mencari data-data sejauh mana pelaksanaan dana desa selama ini di Kabupaten Manokwari.

Ia juga meminta kepada warga dan kepala kampung yang ada secara proaktif untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan yang ada, baik pengelolaannya, pencairannya, maupun pendampingan yang dilakukan oleh seluruh perangkat, baik dari Polri dalam hal ini anggota Babhinkamtibmas, maupun dari TNI dalam hal ini Babinsa.

“ Kalau memang masyarakat tidak puas dengan pengelolaan dana desa, atau ada penyelewengan tolong disampaikan, sepeti apa kerawanannya,  dan bagaimana bentuk penyelewengannya. Jangan sampai ada intervensi dari semua komponen, baik Dinas, Bupati dan sebagainya, agar kita bisa melakukan evaluasi dan meningkatkan pengawasan kedepannya, “ ucap Zeno.

Sedangkan, Perwakilan Kemendagri melalui Kasubdit Pendapatan dan Transfer dana Desa,  Rahayu Ningsih mengungkapkan, setiap tahunnya ada peningkatan dana desa yang di gelontorkan dari pusat ke daerah-daerah. Oleh sebab itu, ia meminta agar seluruh perangkat desa dapat betul-betul memanfaatkan penggunaan dana desa dengan baik.

“ Setiap tahun aka nada penambahan, jadi tolong sampaikan jika memang ada kendala, seperti apa pencairannya, kemudian bagaimana pengelolaannya, dan pengawasannya dan sebagainya, “ ucap Rahayu.

Sementara itu, Perwakilan Kemendes, Raful menambahkan, dalam penggunaan dana desa seluruh perangkat desa diminta untuk lebih memperhatikan seluruh program dan prioritasnya. Sehingga pengelolaan dana desa betulbetul efektif dan tidak menghambat dikemudian hari.

“ Ini betul-betul harus diperhatikan, programnya jangan sampai hanya berjalan begitu saja, karena setiap tahun akan ada dana yang digelontorkan. Saya harap di desa ini berjalan dengan baik, “ tambahnya.

Kepala Kampung Wamesa Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari, Abdul Gani Tuarita mengungkapkan, Kampung Wamesa merupakan kampung percontohan dan salah satu kampung terbaik. Menurutnya, di Kampung Wamesa semua program sudah berjalan dengan baik, peran perangkat desa, maupun Babinsa serta Babhinkamtibmas dalam melakukan pengawasan pengelolaan dana desa sudah cukup baik.

Namun, iya mengaku, salah satu kendala dalam penggunaan dana desa adalah pencairannya. Ia mengaku, apaprogram yang ingin dilakukan non fisik maka pencaian selalu cepat, sedangkan jika program desa yang ebrbentuk non fisik selalu  terlambat.

“ Biasanya kalau seharusnya pencairan bulan Agustus, atau Oktober, nanti dia cair lama, padahal semua persayrakatan administrasi sudah kita lengkapi, “ ungkap Tuarita.

Sementara itu, salah satu pendamping desa di Distrik Manokwari Selatan yang tidak menyebutkan namanya mengaku, bahwa sejauh ini proses pendampingan dan pengawasan dana desa sudah berjalan dengan baik. Peran seluruh perangkat desa, maupun warga juga sudah dianggapnya cukup baik.

“ Tapi kendalanya, kadang kalau kita melakukan pendampingan dan masuk ke desa-desa banyak orang mabuk, kita takut apalagi kita yang melakukan pendampingan semuanya perempuan, dulunya empat orang dan sekarang hanya tinggal dua orang, “ ungkapnya.

Dari pantauan tabura Pos, dalam kunjungan ini, dihadiri oleh sejumlah anggota Babhinkamtibmas dariPolda Papua barat dan Polres Manokwari. Selain itu, turut juga hadir sejumlah anggota Babinsa dari Kodim 1801 Manokwari, serta sejumlah masyarakat di Kampung Wamesa.

Sebelum melakukan kunjungan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui perwakilannya Kasubdit Pendapatan dan Transfer Dana Desa, Rahayu Ningsih, Perwakilan Kementerian Desa (Kemendes), Raful dan Perwakilan Baharkam Mabes Polri, Kombes Pol Muhammad Zeno didampingi Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa serta Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto lebih awal melakukan pertemuan di kantor Badan pendapatan daerah (Bappeda) Eks Mapolda Papua Barat, Jln. TMP Sanggeng Manokwari. [AND]

Dibaca 152 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.