Ketua PT Jayapura Ambil Sumpah dan Janji 4 Pimpinan DPR Papua Barat | Pasific Pos.com

| 18 January, 2020 |

Ketua PT Jayapura Ambil Sumpah dan Janji 4 Pimpinan DPR Papua Barat

Papua Barat Penulis  Sabtu, 07 Desember 2019 00:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Setelah menjalankan agenda kedewanan dengan pimpinan sementara selama 2 bulan sejak dilantik, 1 Oktober 2019, maka DPR Papua Barat kini sudah mempunyai unsur pimpinan definitif periode 2019-2024.

Hal ini setelah dilakukan pengambilan sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Jayapura, Heru Pramono dalam Rapat Paripurnas Istimewa di salah satu hotel di Manokwari, Kamis (5/12).

Keempat unsur pimpinan yang diambil sumpah dan janjinya, yakni Ketua, Orgenes Wonggor (Partai Golkar), Wakil Ketua, Ranly H.L. Mansawan (Partai NasDem), Wakil Ketua, Saleh Siknun (PDI-P), dan Wakil Ketua, Jongky R. Fonataba (Partai Demokrat).

Pengambilan sumpah dan janji keempat unsur pimpinan definitif berdasarkan surat keputusan (SK) Mendagri, M. Tito Karnavian dengan Nomor: 161.92.5565 Tahun 2019 tertanggal 26 November 2019.

Setelah pengambilan sumpah dan janji, Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor menerima palu sidang dari Zeth Kadakolo selaku wakil ketua sementara.

Dalam sambutannya, Wonggor mengatakan, berdasarkan ketentuan undang-undang tentang pemerintah daerah, unsur pimpinan merupakan suatu alat kelengkapan dewan di DPR Papua Barat.

Diutarakannya, unsur pimpinan definitif merupakan pimpinan yang bersifat kolektif dan kolegial, sehingga pengambilan keputusan berdasarkan kesepakatan bersama.

Menurutnya, semua masalah yang timbul, baik internal maupun eksternal diputuskan secara bersama-sama supaya terjadi fungsi koordinasi. Ditambahkan Wonggor, DPR Papua Barat sedang menghadapi tugas besar, yakni pembahasan, persetujuan, dan penetapan APBD Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2020.

Ia mengungkapkan, dengan sisa waktu yang kurang lebih 3 minggu, mudah-mudahan semua berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahn dewan bisa mengawali tugas besarnya dengan menetapkan APBD 2020 bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat dengan baik,” katanya seraya mengajak semua anggota dewan bersinergi menyelesaikan tugas besar tersebut.

Sementara Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutannya, mengatakan, dilantiknya 4 pimpinan DPR Papua Barat merupakan bentuk kepercayaan masyarakat sebagai penyelenggara pemerintah dengan mengemban tiga fungsi, yakni pengawasan, anggaran, dan legislasi.

Ia menegaskan, pimpinan DPR Papua Barat memiliki peran dan tanggung jawab yang efisien, efektifitas, produktivitas, kapabilitas penyelenggara pemerintah daerah melalui pelaksanaan hak dan kewajiban, tugas, wewenang dan fungsi dalam meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

Mandacan berpesan agar perbedaan, pertentangan yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu lalu, hendaknya dihilangkan dalam satu cita-cita untuk mewujudkan kebersamaan di Papua Barat.

“Masih banyak program kerja yang harus diselesaikan pimpinan dan anggota DPR serta bersama pemerintah daerah, dimana berhasil tidaknya pembangunan di daerah juga tergantung kepada saudara-saudara sekalian,” kata Gubernur.

Dari pantauan Tabura Pos, dalam prosesi pengambilan sumpah dan janji ini dihadiri mantan Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol dan forkompimda. [SDR-R1]

Dibaca 110 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.