Mendagri Sebut Pemekaran Papua Masih Sebatas Wacana | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Mendagri, M Tito Karnavian Mendagri, M Tito Karnavian

Mendagri Sebut Pemekaran Papua Masih Sebatas Wacana

Headline Penulis  Senin, 02 Desember 2019 16:59 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, pembentukan Provinsi baru di Papua masih sebatas wacana.

Penegasan itu disampaikannya kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya ke Jayapura, Minggu (1/12) kemarin.

Tito mengatakan, Pemerintah pusat belum ada rencana untuk membentuk provinsi baru di bumi Cenderawasih.

 “pemekaran belum  ada rencana, kita baru menerima aspirasi dari masyarakat Pengununagn Tengah Papua, Papua Selatan juga baru lisan tapi belum tertulis, kita akan lihat kajian tertulis,” kata Tito.

Selain itu, pemekaran daerah otonomi baru harus mendapat persetujuan dari pimpinan daerah, seperti Gubernur,  MRP,  DPRP, wacana tersebut masih dalam proses pengkajian lebih lanjut dan akan dilakukan secara bertahap. Ini juga dikaitkan dengan ketersediaan anggaran.

Jadi, usulan pemekaran Papua yang sudah masuk tertulis dari Papua Tengah dan  Pengunungan Tengah yakni dari masyarakat, sedangkan dari pemerintah belum masuk,” ucapnya.

Mantan Kapolri ini menyatakan, hingga saat ini moratorium pemekaran masih dilakukan Pemerintah atas sejumlah pertimbangan.

Namun, khusus wilayah Papua, Pemerintah tengah mengkaji pengecualian pemekaran untuk pemerataan pembangunan dan mempertimbangkan aspek keamanan.

Dibaca 36 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.