Manfaat JKN KIS Sudah Dirasakan Marlen Sejak Kuliah | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Marlen menunjukkan kartu miliknya (foto:ist) Marlen menunjukkan kartu miliknya (foto:ist)

Manfaat JKN KIS Sudah Dirasakan Marlen Sejak Kuliah

Papua Selatan Penulis  Senin, 02 Desember 2019 16:55 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Melayani peserta merupakan suatu kewajiban dari setiap Duta BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta dan masyarakat. Diharapkan kerjasama atau kolaborasi antara Duta BPJS Kesehatan dengan para pemangku kepentingan atau badan usaha yang telah mendaftarkan seluruh karyawannya menjadi peserta JKN-KIS adalah suatu hal yang sangat penting. Prinsip gotong-royong serta bahu membahu dalam membantu peserta adalah prinsip BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yaitu yang sehat membantu yang sakit, dan yang kuat membantu yang lemah.

Marlen (21) adalah salah satu peserta JKN-KIS dari segmen PPU BU yang juga turut merasakan fasilitas kesehatan ketika ia menjalani pengobatan di rumah sakit Jakarta. Saat ditemui oleh tim Jamkesnews pada hari Selasa (26/11) bertempat di salah satu hotel Kabupaten Merauke, wanita kelahiran 1998 ini kemudian menceritakan tentang pengalamannya ketika menggunakan kartu JKN-KIS. “Saya telah memiliki Kartu JKN-KIS saat masih kuliah di Jakarta. Dikala itu saya dilanda sakit dan mengharuskan saya untuk mendapatkan pengobatan di rumah sakit karena typus, untungnya saya sudah terdaftar sebagai peserta sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Dan untungnya semua biaya pengobatan dijamin oleh JKN-KIS sehingga tidak ada iuran biaya yang harus dikeluarkan,”ujarnya.

Seperti diketahui bahwa penyakit typus atau demam Tifoid adalah salah satu penyakit yang sering diderita banyak orang, baik dikalangan dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman, biasanya akibat jajan sembarangan. Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai typus ini adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya).

Typus juga dapat disebabkan oleh bakteri Salmonellatyphi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang sering dikonsumsi.

“Saya telah bekerja di PT BIO Inti Agrindo Merauke, yang mana kami para karyawannya telah didaftarkan dalam Program JKN-KIS, sehingga ketika sakit sudah ada yang menjaminnya. Meskipun begitu kita harus tetap menjaga kesehatan, karena kesehatan adalah hal utama yang perlu kita jaga sehingga dapat mendukung produktifitas kita dalam bekerja,”tutupnya.

Dibaca 27 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.