Bupati Puncak resmikan empat puskemas rawat inap di daerah konflik | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Bupati Kabupaten Puncak Wilem Wandik saat meresmikan empat puskesmas Bupati Kabupaten Puncak Wilem Wandik saat meresmikan empat puskesmas

Bupati Puncak resmikan empat puskemas rawat inap di daerah konflik

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 02 Desember 2019 16:12 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Empat Distrik di Kabupaten Puncak yang masuk dalam daerah rawan dan terpencil kini memiliki Pusat Kesehatan masyarakat (Puskemas) rawat inap.

Empat Distrik yang memiliki puskesmas yang dibilang cukup lengkap dengan berbagai fasilitas termaksud rumah bagi tenaga medis itu yakni Distrik Sinak,  Gome, Agandugume dan Distrik Wangbe.

Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan pembangunan empat puskesmas ini merupakan program pemerintah pusat dibawah era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, dan Kabupaten Puncak, merupakan salah satu Kabupaten yang mendapat perhatian dibidang kesehatan seperti pembangunan Puskemas.

“Saya atas nama Pemerintah dan masyarakat menyampaikan terimah kasih kepada pak Presiden Joko Widodo, visi dan misi lima tahun lalu, kini sudah dirasakan oleh masyarakat, terbukti hari ini kami meresmian empat Pueskemas  di Puncak dengan bangunan yang cukup megah, untuk melayani kesehatan bagi rakyat kita disini,”ujarnya.

“Ini Wujud dari Negara sudah hadir di setiap kampung,Distrik, Kabupaten,dn Provinsi, untuk melayani rakyatnya, mudah-mudahan puskemas ini bermanfaat bagi masyarakat di sini, orang Puncak semakin sehat  dan sejahtera,”tambahnya.

Willem Wandik pun mengungkapkan, akan membuka lowongan kepada para tenaga dokter, tenaga kesahatan, yang sesuai dengan kebutuhan di Kabupaten Puncak, seperti Dokter umum, anak,dokter gigi dan lainnya.

"Meski bangunan puskemas ini megah, tapi tidak didukung dengan tenaga medis dan dokter percuma,  oleh karena itu pada Tahun anggaran 2020, kami akan buka lowongan untuk tenaga dokter, sesuai dengan kebutuhan kesehatan di Kabupaten Puncak, dengan gaji yang cocok untuk wilayah terpencil,sehingga mereka betah dan melayani dengan baik kepada masyarakat,”ujarnya.

Bupati berpesan juga kepada para dokter, tenaga kesehatan yang melayani di Puskemas-Puskemas di Puncak, untuk melayani dengan sungguh-sungguh, sebab para tenaga medis ini sebenarnya merupakan Tuhan yang secara lansung melayani umatnya.

“Kalian sebenarnya Wujud dari Kehadiran Tuhan, sebab melalui kalian banyak umatnya disembuhkan, pekerjaan kalian begitu mulia. Saya juga berharap kepada masyarakat di Puncak, agar menjaga para petugas kesehatan dengn baik, keamanan mereka perlu dikawal, sebab melalui mereka, kesehatan masyarakat kita bisa dilayani,”tambahnya.

Sementara itu, Kepela Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Demus Wonda,M.Kes, menerangkan saat ini pihaknya sementara mengajukan permohonan untuk pembangunan puskesmas diberapa distrim lainnya yang ada di Kabupaten Puncak.

"Pmbangunan empat Puskemas ini, menggunaan dukungan anggaran dari Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2018, yaitu program dana alokasai khusus fisik afirmasi. bentuk bangunan empat puskemas ini semuanya sama.
Puskemas Sinak, Gome, dan Puskesmas Wangbe sudah 100 persen, sementara puskemas Agandugume progesnya baru 75 persen, ini diakibatkan pada kondisi keamanan, bagi para pekerja," bebernya.

Dibaca 32 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX