Tim Sanggar Seni “Saireri” Juara Lomba Tarian Kreasi Papua 2019 | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Tim Sanggar Seni “Saireri” Juara Lomba Tarian Kreasi Papua 2019

Info Papua Penulis  Sabtu, 30 November 2019 02:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua menggelar lomba tarian  Kreasi Papua, 28-29 November 2019.

Kegiatan yang diikuti sanggar seni di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura itu, tim Sanggar “Saireri” keluar sebagai juara pertama lomba Lomba Tarian  Kreasi Papua 2019.

Juara II diraih oleh Sanggar Seni Anak Kampung, Juara III Sanggar Garuda, juara IV diraih Black Paradise, juara V Jazz Kota Baru dan juara favorit Iriani.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal ketika menutup kegiatan lomba tarian  Kreasi Papua 2019 di Auditorium RRI Jayapura, Jumat malam, mengatakan, lomba tari kreasi yang digelar ini tujuannya untuk melestarikan budaya Papua.

Menurut Wagub, lomba ini merupakan bagian dari program kerja KSBN Papua yang baru terbentuk tiga bulan lalu.

Disisi lain, KSBN Papua hanya wadah, maka dengan adanya lomba ini kita ingin menimbulkan minat generasi muda akan budaya Papua.

“budaya Papua itu luar biasa, karena kita (Papua) punya kita punya adat dan budaya  yang unik, karena Selain terdapat banyak suku, Papua juga terkenal berbagai seni tari yang berbeda-beda,” ujarnya.

Untuk itu, generasi muda yang berkreasi di bidang seni budaya, tolong diperkenalkan dan banyak berlatih, karena KSBN Papua akan menggelar kegiatan ini sebanyak tiga kali dalam setahun.

Jadi, nanti sanggar tari yang keluar sebagai pemenang tahun 2020 akan kita kirim untuk tampil di beberapa negara di Eropa, dalam rangka memperkenalkan budaya Papua” kata Wagub Klemen Tinal yang selaku ketua DPD KSBN Papua.

Pada kesempatan itu, Wagub berpesan kepada peserta lomba yang belum menjadi juara untuk terus berlatih, karena untuk menjadi juara tidak ada yang instan, semua butuh proses dan perjuangan.

“kalau mau juara harus banyak latihan dan butuh perjuangan, tidak ada yang instan,” katanya.

Wagub juga mengimbau kepada sanggar-sanggar tari di Provinsi Papua untuk mendaftarkan di Sekretariat KSBN Papua. Dengan demikian, KSBN akan memiliki data base, sehingga jika ada event Nasional maupun internasional, kita siap menfasiliasi untuk menampilkan bidaya papua pada event tersebut.

Sementara itu, Sekretaris KSBN Papua, Richard Waromi mengatakan, KSBN Papua akan menggelar event ini setiap tiga bulan. Ya, seperti janji pak Ketua KSBN, event ini akan digelar tiga kali dalam setahun,” ujarnya.

Richard menambahkan, antusias masyarakat Papua ikut dalam lomba tarian kreasi Papua cukup banyak. Oleh karena itu, tahun depan kita akan buat per wilayah adat.

Disebutkan, untuk pelaksanaan event serupa di tahun depan, akan diupayakan semakin banyan peserta yang ikut dalam event ini.

“dengan adanya kegiatan ini, bisa mengantisifasi pengaruh budaya luar. Khususnya, bagi generasi muda yang merupakan generasi Papua di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Dibaca 212 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.