Polres Jayapura Gelar Coffe Morning Bersama Forkopimda, FKUB dan Tokoh Masyarakat | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Foto Bersama pimpinan Forkopimda, FKUB dan tokoh masyarakat usai melakukan Coffe Morning di Polres Jayapura. Foto Bersama pimpinan Forkopimda, FKUB dan tokoh masyarakat usai melakukan Coffe Morning di Polres Jayapura.

Polres Jayapura Gelar Coffe Morning Bersama Forkopimda, FKUB dan Tokoh Masyarakat

Kabupaten Jayapura Penulis  Kamis, 28 November 2019 23:57 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI- Dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Jayapura, Polres Jayapura menggelar Coffe Morning bersama Forkopimda, FKUB dan tokoh masyarakat di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura, Kamis (28/11) pagi.

Coffe morning yang dihadiri Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt. Lipius Biniluk, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si serta para pimpinan Forkopimda Jayapura, tokoh masyarakat dan tamu undangan tersebut diisi dengan dialog interaktif, koordinasi dan komunikasi mengenai isu keamanan serta menjaga stabilitas kamtibmas.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua, Pdt. Lipius Biniluk mengatakan momen yang perlu dibahas yaitu momen pada tanggal 1 Desember nanti dimana akan ada dua kelompok yang sedang waspada.

Yang pertama, kata Lipius, kelompok NKRI harga mati dan yang kedua adalah kelompok papua merdeka.

"Itu sebabnya pimpinan - pimpinan pusat ada di tanah Papua semua, bagaimana anda dengan saya menyelesaikan masalah itu yaitu dengan hati yang bersih dan bermartabat, ini sangat penting dengan tidak saling merugikan dan tidak merekayasa,"katanya.

Menurut Lipius, hal tersebut perlu diselesaikan dengan cara duduk bersama dan jangan memaksakan kehendak ditempat yang sembunyi - sembunyi.

Dikatakan, FKUB mempunyai kewenangan tetapi FKUB juga masih dalam proses khususnya pembangunan tempat ibadah.

Dirinya juga menyarankan, agar pembangunan tempat ibadah perlu proposional dengan artian jangan bangun tempat ibadah dimana - mana padahal umatnya tidak banyak, dan perlu ada aturan - aturan yang dibuat dalam pembangunan tempat ibadah karena itu juga akan menyimpan konflik kedepan.

"Nah, dengan adanya coffee morning seperti ini ada diskusi antar kita untuk menyelesaikan masalah - masalah penting kedepan, untuk bapak - bapak pejabat khususnya Kapolres, koordinasi yang sudah jalan tolong ditingkatkan dan situasi disini aman karena adanya koordinasi kerja Kapolres Jayapura dengan Waka Polres serta seluruh pemimpin, para tokoh yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura," jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP dalam sambutannya mengatakan Coffee morning yang diselenggarakan oleh Polres Jayapura bersama forkopimda adalah suatu upaya yang perlu didukung oleh semua pihak.

"Terutama kami (pemerintah) dan tokoh-tokoh agama harus ikut terlibat penuh dalam mewujudkan kedamaian di bumi kenambai umbai,"katanya.

"Mewakili pak bupati, saya mengapresiasi kegiatan ini dan saya harapkan kegiatan ini dapat terus ditingkatkan sehingga kordinasi diantara kita semua dapat terus berjalan dalam mewujudkan Kabupaten Jayapura yang aman dan damai,"harap Abdurahman diakhir sambutannya.

Ditempat yang sama, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si  secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada senior - senior dan orang tua dan keluarga yang saat ini bisa hadir untuk memenuhi atau menghadiri kegiatan coffee morning.
Dikatakan, atensi pemerintah pusat kepada Papua itu sangat besar sehingga pihaknya diharapkan bisa membantu membangun sinergritas dengan menjaga kamtibmas.

"Ini bisa hidup kalau kita mempunyai toleransi antar satu dengan lainnya dan juga umat nasrani sudah masuk pada minggu - minggu advent dan gerbang natal maka itu kita harus mengisi ini dengan hal - hal yang membangun hubungan toleransi satu sama lain, kita harus yakin kalau kita duduk bersama maka solusi itu akan ada,"

"Upaya kami Polres Jayapura dalam memasuki bulan Desember, selain hari natal juga ada hari - hari khusus buat saudara - saudara kita yang masih berbeda pendapat dan kita harus kelola dan arahkan dengan baik, prinsipnya dari kami silahkan berbeda pendapat tetapi tidak boleh dengan cara - cara mengganggu kamtibmas, ancaman dan jiwa orang lain,"katanya.

"Kami juga ingin menyampaikan kepada bapak ibu yang mempunyai jemaat jangan sampai terpancing dengan berita hoax karena yang ada menyebabkan kita capek menghadapi hal - hal seperti itu,"
"Harapan saya, kita bisa menjaga tanah atau kabupaten kita ini dan dengan pertemuan ini selanjutnya kita terus bergandengan tangan," imbuh Kapolres menutup sambutannya.

Dibaca 48 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX