4 Pelatih Papua Ikuti Kursus Pelatih Lisensi C AFC di Jakarta | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

4 Pelatih Papua Ikuti Kursus Pelatih Lisensi C AFC di Jakarta

Olahraga Penulis  Selasa, 26 November 2019 21:18 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Sebanyak 24 Pelatih Sepakbola ikuti kursus pelatih lisensi C AFC di Hotel D'Arcici Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (26/11/2019) yang digelar Asprov PSSI DKI Jakarta.

Kursus tersebut akan berlangsung hingga 7 Desember 2019. Sebanyak 24 pelatih sepakbola yang berasal dari Papua, Papua Barat, Jawa Barat dan Jawa Timur dan DKI Jakarta ikut dalam pelatihan ini.

Dari 24 peserta ada 4 pelatih asal Papua yakni Lukas Mandowen, Jefri Haay, Kemal Nixon Dimo dan Melkianus Arnesius Papare.

Tidak hanya mengikuti kursus, para pelatih itupun mendapatkan materi kepelatihan yang dibawakan langsung oleh Instruktur dari PSSI Pusat yaitu Sutan Harhara dan Marwal Iskandar.

Lukas Mandowen yang ditemui wartawan disela-sela kursus mengatakan bahwa sebagai pemain bola profesional ada waktunya, setelah pensiun dari lapangan hijau maka harus memeliki lisensi.

"kita sebagai pemain harus berpikir kedepan, setelah pensiun mau buat apa, kalau mau melatih maka harus ada lisensi," ujar mantan striker Persipura Jayapura itu.

Lukas mengatakan, banyak hal yang ia dan rekan-rekannya pelajari di kursus tersebut. Seperti cara melatih yang benar.

"kami banyak belajar tentang cara melatih yang benr, apalagi instruktur yang memberikan materi merupakan instruktur yang sudah berpengalaman di sepakbola Indonesia," ujarnya.

Dikatakan, setelah memiliki lisensi C AFC maka ilmu yang didapatkannya akan diterapkan saat melatih nanti.

"saya punya cita-cita melatih di SSB dulu, setelah itu baru naik ke level liga Nusantara atau liga 3," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Melkianus Arnesius Papare, menurutnya, keikutsertaannya bersama rekan-rekannya dalam pelatihan kursus ini, karena di Papua tidak digelar pelatihan kursus pelatih.

Oleh karena itu, dia harapkan kepada Pemerintah dan Asprov PSSI Papua untuk kedepan bisa menyelengarakan kursus pelatih lisensi C AFC di Papua

"banyak mantan pemain bola di Papua yang ingin mengikuti kursus untuk mengambil lisensi C AFC, tetapi mereka juga mungkin terkendala biaya, harapan kami tahun depan kegiatan seperti ini bisa digelar di Papua," ucapnya.

Saat menjalani kursus ini, Melkianus mengaku banyak belajar dan menangkap materi yang diberikan instruktur.

“kita banyak belajar karena kita dibatasi oleh waktu, dan program materi yang diberikan oleh instruktur itu harus semua sudah sampai ke kita dan kita pun sebagai calon pelatih harus lebih cepat menangkapnya, “ tambahnya.

Lanjutnya, usia bukan halangan bagi dirinya mengikuti kurus pelatih ini, tetapi semangat untuk melatih adik-adik di SSB, sehingga ilmu yang ia dapatkan pada kursus tersebut akan ia terapkan ketika nanti melatih di SSB atau klub-club lokal di Papua," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Melkianus mewaki rekan-rekannya menyampaikan terima kasih kepada Asprov PSSI DKI Jakarta, yang sudah bisa memberikan kesempatan untuk pelatih dari Papua ikut dalam kursus tahun ini.

Ditambahkan, dalam kursus pelatih banyak pemain professional yang masih aktif bermaian bola ikut, seperti Atep dan Tantan.

Dibaca 267 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX