Bimbingan Terpadu OSN Matematika SMPN 2 Merauke | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

Ketua Tim Pengabdian DIPA Universitas Musamus, Rian Ade Pratama berfoto bersama wakil kepala sekolah (paling kanan) serta siswa terpilih SMP Negeri 2 Merauke (Foto:ist) Ketua Tim Pengabdian DIPA Universitas Musamus, Rian Ade Pratama berfoto bersama wakil kepala sekolah (paling kanan) serta siswa terpilih SMP Negeri 2 Merauke (Foto:ist)

Bimbingan Terpadu OSN Matematika SMPN 2 Merauke

Papua Selatan Penulis  Senin, 25 November 2019 01:46 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Oleh: Rian Ade Pratama



MERAUKE,ARAFURA,-Olimpiade sains nasional (OSN) adalah ajang paling bergengsi pada tingkatan sekolah di Indonesia. Olimpiade sains nasional diharapkan dapat mengantarkan siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimana ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Olimpiade sains nasional matematika merupakan sarana mengembangkan karakter dan wadah kompetisi bagi siswa guna menghasilkan kompetensi yang menunjang higher order thinkingskill (Direktorat Pembinaan SMP, 2017). Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa Indonesia dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya adalah dengan adanya program olimpiade sains nasional.

Selain meningkatkan potensi dan karakter siswa dalam pendidikan Indonesia, olimpiade sains nasional juga menjadi ajang bergengsi pada dunia Internasional. oleh karena itu, olimpiade sains nasional menjadi sangat penting untuk menjadi salah satu fokus pendidikan dari tingkat daerah hinga nasional. Bimbingan terpadu olimpiade sains nasional yang dilakukan oleh Tim Pengabdian DIPA Universitas Musamus tahun 2019, yang diketuai oleh Rian Ade Pratama telah dilaksanakan dengan baik. Sekolah mitra yang menjadi fokus pengabdian bimbingan olimpiade sains nasional tahun 2019 adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Merauke.

Rian mengatakan bahwa pelaksanaan bimbingan terpadu dilaksanakan sesuai dengan standar direktorat pembinaan sekolah menengah pertama. Materi pembinaan dan kurikulum menjadi hal yang sangat diperhatikan demi adanya kesesuaian kompetensi matematika siswa di daerah timur Indonesia. Dalam pelaksanaan bimbingan olimpiade sains nasional pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Merauke dilaksanakan dalam 3 tahapan. Tahapan pertama yang merupakan penjaringan minat dan kemampuan matematika siswa dilakukan oleh guru matapelajaran matematika. Hal ini dilakukan karena guru mengetahui bibit pengetahuan dan minat dalam setiap proses perkembangan pembelajaran disekolah.

Proses pada tahapan pertama tersebutlah yang menjadi landasan proses bimbingan berikutnya. Selanjutnya, pada tahap kedua adalah sosialisasi buku panduan olimpiade sains nasional yang di susun oleh tim pengabdian. Materi yang disusun dalam buku panduan olimpiade sains nasional merupakan turunan dari petunjuk pelaksanaan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan dasar dan menengah direktorat pembinaan sekolah menengah pertama tahun 2019. Proses sosialisasi buku panduan olimpiade sains nasional diberikan agar siswa lebih mengenal karakter materi dan contoh soal dalam buku tersebut. Komposisi buku terdiri dari materi dan contoh-contoh soal kompetensi dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional berbagai tahun pelaksanaan.

Tahap ketiga adalah tahap akhir dari proses pelaksanaan pengabdian bimbingan terpadu. Pada tahap ini merupakan evaluasi akhir dari proses sebelum-sebelumnya. Segala kendala dan keluhan siswa dalam mempelajari materi dan soal-soal disampaiakna pada tahap tersebut. Juga dilakukan evaluasi proses pelaksanaan bimbingan online pada platform aplikasi Edmodo. Dari ketiga tahap tersebut diharapkan kemampuan dan motivasi siswa meningkat, terkhusus pada pelajaran matematika di sekolah. Harapannya ke depan, siswa-siswi SMP Negeri 2 Merauke diharapkan menjadi perwakilan Kabupaten Merauke pada Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi dan tingkat nasional tahun 2020.

Dibaca 286 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik