Penyusunan Rencana Kontijensi, Fokus Pada Pembagian Peran | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

 Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Penyusunan Rencana Kontijensi, Fokus Pada Pembagian Peran

Papua Selatan Penulis  Rabu, 20 November 2019 22:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Setelah sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan guna persiapan dan penyusunan rencana kontijensi penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) pada tanggal 13 dan 14 November 2019 lalu maka pihak Dinas Kesehatan kembali menindak lanjuti dengan penyusunan rencana kontijensi penanggulangan kedaruratan KKM yang berlangsung selama dua hari, sejak 19-20 November 2019 bertempat di Coreinn Hotel. Kegiatan tersebut masih diikuti oleh stake holder terkait, lintas sektor dan juga dari kalangan media.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Gerardus Anggojai saat membuka kegiatan mengemukakan rasa bangga dan terima kasih karena para peserta dinilai sangat komit dengan kembali menghadiri kegiatan yang dilaksanakan, baik saat tahapan rencana hingga penyusunan. Untuk sesi yang pertama menurutnya masih bersifat sosialisasi dimana para narasumber yang berasal dari Kemenkes maupun Dinas Kesehatan Provinsi telah menawarkan satu konsep, planning, pedoman kerja atau yang familiar disebut dengan SOP.

Namun untuk sesi yang kedua lebih berbeda karena bukan lagi dalam bentuk sosialisasi tetapi sudah lebih jauh dan lebih mengarah pada pembagian peran. “Konsep ini kita mulai jabarkan sesuai dengan bidang dan tupoksi masing-masing. Jadi dapat diketahui setiap lintas sector dengan perannya masing-masing, bagaimana ikut  berpartisipasi dalam wadah atau struktur yang sudah dibentuk,”ujarnya. Pihaknya berharap wadah yang ada dapat berkontribusi, baik di dalam maupun di luar kelompok. Dalam kelompok maka penting untuk saling memotivasi dan di luar kelompok, senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak pemerintah, khususnya yang terkait dengan komitmen dan dukungan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab yang diemban oleh pemerintah. Selain itu perlu ada komitmen dengan para donatur dan semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap terwujudnya satu tujuan dan satu misi mulia ini, yaitu mengangkat derajad kesehatan masyarakat, orang perorang maupun keluarga.

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.