Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD, Ini Harapan Bupati Jayapura | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantor saat menghadiri pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantor saat menghadiri pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura.

Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD, Ini Harapan Bupati Jayapura

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 18 November 2019 21:42 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, bersama Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura dalam rangka Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura masa jabatan 2019-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura, Senin (18/11) sore.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo yang dimulai pukul 16.00 WIT dan dihadiri 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Adapun yang bertindak sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, Wakil Ketua I H. Muhammad Amin dan Wakil Ketua II Patrinus R. N. Sorontou.

Pengucapan sumpah/janji tersbeut dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Setyawan Haryono, SH, MH, dan disaksikan oleh Bupati Jayapura beserta undangan yang hadir kala itu.

Bupati Jayapura dalam sambutannya berharap dengan ditetapkannya Pimpinan yang definitif dapat menjadikan DPRD sebagai lembaga yang berdaulat, bermartabat, profesional, ikhlas, adil dan inspiratif menuju lembaga yang senantiasa menjaga kedaulatan politik bangsa dan daerah dengan memperhatikan kearifan lokal demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

“Momentum ini akan memacu dan juga memotivasi agar ke depan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab serta menjawab amanah rakyat dengan kinerja yang optimal. Kemudian juga mampu membangun komunikasi yang baik dalam hal pembangunan, menjaga kesinambungan pembangunan dan juga memaksimalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk program pembangunan strategis jangka panjang, yang bermuara kepada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

“Meskipun Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura datang pergi silih berganti sebagai salah satu konsekuensi demokrasi yang telah kita sepakati, namun pembangunan di Kabupaten Jayapura tidak boleh terhenti. Justru sebaliknya, pergantian tersebut merupakan aura dan suasana baru yang harus dapat dimanfaatkan untuk menjadikan Kabupaten Jayapura hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini,” tambah Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang juga Ketua DPW Partai NasDem Papua tersebut.

Atas nama pimpinan daerah dan masyarakat Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw mengucapkan selamat mengemban tugas dan amanah rakyat kepada yang terhormat Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024.

“Kepada pimpinan DPRD yang baru saja di ambil sumpah/janjinya, untuk dapat berperan dan menuntaskan berbagai persoalan, seperti menjaga kedaulatan bangsa dan juga kedaulatan politik, merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal, serta menunjukkan kepribadian sebagai bangsa yang bermartabat. Ini merupakan mimpi besar kita untuk memajukan kesejahteraan umum yang dapat kita wujudkan bersama,” imbuhnya.

Sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, kata Mathius, bahwa DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja yang setara dan bersifat kemitraan yang bermakna kedua lembaga ini sama dan sejajar.

“Jadi hubungan kemitraan yang dimaksud disini adalah pemerintah dan DPRD adalah sama-sama bermitra kerja dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing, yang pada akhirnya kedua lembaga bisa membangun suatu hubungan kerja yang sinergi, saling mendukung, serasi dan tidak saling mendominasi satu sama lain dalam melaksanakan tugas dan juga fungsi masing-masing,” katanya.

Bupati Jayapura dua periode itu berharap, keberhasilan yang telah dicapai oleh Pimpinan dan Anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 kemarin, dapat ditingkatkan terus, dan akan lahir inovasi serta pemikiran baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Jayapura.

Hadir dalam Pengambilan sumpah/janji tersebut, unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Siti Aisah Giri Wijayantoro, Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura. Kemudian perwakilan partai politik, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kabupaten Jayapura.

Dibaca 69 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.