Wasit PBVSI Kabupaten Jayapura Diusulkan ke PB PON Papua | Pasific Pos.com

| 14 December, 2019 |

Ketua PBVSI Kabupaten Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon Ketua PBVSI Kabupaten Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon

Wasit PBVSI Kabupaten Jayapura Diusulkan ke PB PON Papua

Kabupaten Jayapura Penulis  Minggu, 17 November 2019 20:39 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI- Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Jayapura akan mengusulkan sejumlah wasit ke Panitia Besar (PB) PON Provinsi Papua. Hal ini untuk mendukung iven PON XX tahun 2020 nanti.

Ketua PBVSI Kabupaten Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, M.H, M.Si, mengatakan, urusan wasit itu sebenarnya menjadi kewenangan PB PON. Namun PBVSI Kabupaten Jayapura menginginkan agar dari Kabupaten Jayapura juga bisa mengorbitkan sejumlah wasit yang tidak sekedar memiliki sertifikat atau lisensi saja. Akan tetapi, mereka sudah pernah memimpin atau minimal memiliki pengalaman, baik itu mulai dari tingkat kampung, distrik hingga di tingkat kabupaten.

“Kami nanti akan kirim ke provinsi, tapi ada dasarnya. Selain memegang sertifikat (lisensi), dia juga harus punya jam terbang tinggi atau mempunyai pengalaman sebagai wasit voli,” terang pria yang juga Kapolres Jayapura kepada wartawan, pekan kemarin.

Menurut Victor, persyaratan untuk menjadi seorang wasit itu tidak sekedar memiliki sertifikat kepelatihan saja. Tetapi, hal itu harus didukung oleh pengalaman. Yakni, pengalaman memimpin sebuah pertandingan atau turnamen bagi seorang wasit itu sangat penting. Karena hal itu berkaitan dengan kompetensinya sebagai wasit yang dilegalkan melalui sertifikat.

“Kita di Kabupaten Jayapura memang ada beberapa yang sudah punya lisensi sebagai wasit voli, dan ada juga yang sedang kita sekolahkan untuk ambil sertifikasi,” bebernya.

Sementara untuk atlet voli, saat ini sudah dilakukan TC PON yang dikoordinir langsung oleh PB PON Provinsi Papua bagian Cabor Voli. Sedangkan untuk pengurus PBVSI Kabupaten Jayapura hanya mempersiapkan perwasitannya.

“Tahun ini ada sekitar 8 sampai 10 wasit yang sedang kami sekolahkan,” tukasnya.

Dibaca 51 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.