KLHS-RZWP3K Ditargetkan Rampung Akhir Tahun ini | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

KLHS-RZWP3K Ditargetkan Rampung Akhir Tahun ini

Info Papua Penulis  Kamis, 14 November 2019 22:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pengelola Lingkungan Hidup melakukan pertemuan bersama mitra kerja dan SKPD terkiat membahas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)  Dokumen Rencana Zonasi Wilayah dan Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Kegiatan Konsultasi Publik yang berlangsung di Aula Dinas Otonom, Kotaraja, Kota Jayapura, Kamis (14/11/2019) di buka Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, DR. Muhammad Mus'sad, SE, MSi, didampingi Plt. Kepala DPLH Provinsi Papua Martha Mandosir dan Kasubdit Pengembangan Kebijakan Lingkungan Hidup Wilayah dan Sektor,  Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan  dan Kebijakan Wilayah dan  Sektor Dirjen Planalogi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  Dr. Ir. Fatma Judwita, MSi.

Konsultasi Publik dan Focus Group Discussion (FGD) merupakan salah satu tahapan yang dilakukan untuk menjaring isu strategis yang berguna dalam menganalisis kebijakan zonasi penyusunan KLHS RZWP3K, yang dilaksanakan Dinas Pengeloan Lingkungan Hidup Provinsi Papua.

Muhammad Mus'sad mengatakan Penyusunan Dokumen KLHS- RZWP3K Provinsi Papua tahun 2018- 2038 ini  adalah suatu kemajuan data, karena  selama ini  Pemprov Papua belum punya KLHS,  sehingga apa yang dirumuskan  terhadap dokumen  perencanaan itu betul-betul memperhatikan lingkungan hidup.

Apalagi untuk Papua, KLHS  ini menjadi penting dalam pembangunan berkelanjutan, karena  sebagian besar masyarakat Papua masih hidup di alam,  sehingga pembinaan terhadap kehidupan masyarakat Papua itu sangat ditentukan sejauhmana kwalitas lingkungan hidup.

Karena itu, pihaknya mengharapkan FGD ini  memberikan kontribusi, informasi, pengetahuan dari pelbagai stakeholder bisa terakomodir didalam Penyusunan Dokumen KLHS- RZWP3K Papua Tahun 2018- 2038.

“Jika dokumen KLHS- RZWP3K Papua Tahun 2018- 2038 selesai langsung  diterbitkan Perda (Peraturan Daerah), sehingga tak lagi menimbulkan masalah di kemudian hari,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Pengelola Lingkungan Hidup, Martha Mandosir mengatakan bahwa  KLHS -RZWP3K Papua Tahun 2018- 2038  wajib diselesaikan pada bulan Desember 2019.

“KLHS RZWP3K Papua Tahun 2018- 2038 ini akan membingkai bagaimana kita memberikan perlindungan terhadap ekosistem Papua,  baik dari  pesisir pantai,  sungai,  perairan hingga pegunungan di Papua,”  tuturnya.

Namun demikian, KLHS- RZWP3K Papua sangat tergantung dari dokumen  Rencana Zonasi Wilayah Perairan (RZWP),  yang harus diselesaikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua.

Ia menuturkan, wilayah-wilayah  yang akan menjadi fokus KLHS -RZWP3K Papua Tahun 2018- 2038, yakni 15 Kabupaten,  1 Kota sekaligus mewakili 5 wilayah adat di Provinsi Papua.

Turut  hadir dalam FGD perwakilan   masyarakat adat, unsur pemerintah, Perguruan Tinggi, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), mitra kerja BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Dibaca 42 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.