Kebun Sayur Model Vertikultur Binaan DTPH Siap Ditanami | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Kepala Dinas YPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM Kepala Dinas YPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM

Kebun Sayur Model Vertikultur Binaan DTPH Siap Ditanami

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 13 November 2019 20:46 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Kebun sayur model Veltikultur milik ibu-ibu di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, binaan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura siap ditanami pada Kamis dini hari.

Seperti dikemukakan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM kepada wartawan di Sunni Garden Lake Hotel Sentani, Rabu (13/11) siang, bahwa puluhan hingga ratusan median tanam telah disediakaan oleh pihaknya bersama ibu-ibu  untuk ditanami. penyediaan median tersebut dilakukan secara bersama dengan mengedepankan nilai-nilai gotong-royong.

Dikatakan, pengembangan kebun sayur model vertikultur dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sayur dirumah tangga warga, juga menghadirkan nilai estetika.
"Lebih gampangnya, model veltikultur adalah tersedianya media tanam di halaman rumah, teras rumah atau samping rumah. Setelah tersedia, selanjutnya media tersebut ditanami sayur-sayuran sessuai kebutuhan," jelasnya.

Menurutnya, kebun sayur model tersebut selanjutnya akan dikembangkan ke kampung-kampung lainnya di sekitar Danau Sentani dan diteruskan ke distrik lain di Kabupaten Jayapura.

Ditambahkan, jenis-jenis sayur yang akan ditanam besok sangat beragam. Tidak satu jenis sayuran, masing-masing pemilik media tanam menentukan jenis sayur yang ingin ditanam pada media yang tersedia.

"Antusias ibu-ibu sangat tinggi, ini terihat dari kehadiran dan dukungan saat pertemuan maupun pengerjaan bersama menyiapkan media tanam" tandasnya.
Dikatakan, program ini juga dalam rangka untuk mendukung PON ke-XX 2020.

Yokhu menuturkan, selain penanaman sayuran akaan dilanjutkan dengan penebaran benih ikan nila yang telah disiapkan pihaknya pada keramba yang ada.

"Kurang lebih ada sekitar 600 benih ikan yang akan di tebar di Danau sentani dimana ini merupakan program dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura yang dirangkai satu dengan kegiatan kami,"katanya.

Dibaca 46 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.