Tradisi Pedang Pora Warnai Penerimaan Dan Pelepasan Kapolres | Pasific Pos.com

| 14 December, 2019 |

Suasana prosesi pedang pora (foto:ist) Suasana prosesi pedang pora (foto:ist)

Tradisi Pedang Pora Warnai Penerimaan Dan Pelepasan Kapolres

Papua Selatan Penulis  Senin, 11 November 2019 20:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Rangkaian prosesi tradisi pedang pora pada saat penerimaan dan pelepasan Pejabat Kapolres Merauke dari pejabat yang lama AKBP Bahara Marpaung, SH kepada pejabat yang baru AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK telah dilaksanakan kemarin bertempat di Mapolres Merauke. Tepatnya pukul 08.55 WIT,  bertempat di vip room Bandara Mopah Merauke pejabat kapolres baru tiba dengan menggunakan pesawat udara, disambut dengan tarian adat dan kalungan bunga.

Beliau diterima oleh para Muspida Kabupaten Merauke serta seluruh anggota Polres dan Brimob Merauke, kemudian dilanjutkan menuju Mapolres Merauke guna melaksanakan tradisi pedang pora kepada pejabat baru, apel gabungan terakhir di lapangan Mapolres, laporan kesatuan di ruang data serta prosesi pedang pora pelepasan pejabat Kapolres yang lama hingga keluar Mapolres Merauke pada pukul 14.30 WIT. Selanjutnya dilaksanakan pengawalan hingga ke kediaman kapolres.

AKBP Bahara Marpaung selaku pejabat yang lama  menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Merauke yang sudah bersama-sama Polri menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif. “Saya mohon maaf baik secara pribadi dan keluarga kepada semua anggota, dan tetap menjalin silahturahmi, komunikasi, dan koordinasi. Mohon doanya sebab saya dipromosikan menjabat sebagai Wadir Reserse Narkoba Polda Papua,”ujarnya.
Nampak para anggota yang menghadiri pelepasan sangat terharu bahkan anggota Bhayangkari banyak yang meneteskan air mata karena pejabat yang lama ini merupakan kapolres yang cukup lama menjabat selama dua tahun enam bulan di Polres Merauke. “Dalam suka maupun  duka selalu dilalui bersama-sama dengan anggota,”ungkap seorang anggota.

Sementara itu saat diwawancara oleh insan pers,  Kapolres Merauke yang baru sangat berterima kasih atas penerimaan dan penyambutan dirinya sebagai Kapolres Merauke yang dinilai begitu luar biasa. “Saya sebagai warga baru di Kabupaten Merauke mohon bisa diterima oleh seluruh warga masyarakat Merauke, unsur Forkopimda, satuan TNI dan seluruh element yang ada di Kabupaten Merauke. Saya mohon dukungan semua pihak dan harapan saya seluruh warga masyarakat, unsur Forkopimda dapat bekerjasama dengan pihak Polres Merauke untuk menciptakan situasi yang kondusif,”ungkap AKBP Ary Purwanto, SIK yang merupakan lulusan Akpol tahun 1999 dan mantan Kapolres Puncak Jaya.

Dibaca 46 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.