BPS Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 | Pasific Pos.com

| 8 December, 2019 |

Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali saat memberi penjelasan (foto:iis) Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali saat memberi penjelasan (foto:iis)

BPS Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020

Papua Selatan Penulis  Senin, 11 November 2019 05:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sensus penduduk tidak lama lagi akan dilaksanakan dan terkait dengan momen besar tersebut, BPS Kabupaten Merauke gencar mensosialisasikan dimana langkah awal telah dilakukan jumpa pers dengan sejumlah media di Kantor BPS belum lama ini. Kepala BPS Merauke, Muhammad Ali hadir langsung untuk memberikan sejumlah penjelasan penting kepada media tentang pelaksanaan sensus nanti. Antara lain tentang penegasan dari Presiden Jokowi tentang pentingnya pelaksanaan sensus karena data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita.

Kini data lebih berharga daripada minyak. Oleh sebab itu kedaulatan data harus diwujudkan dan hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi.  Lebih lanjut dijelaskan, sensus penduduk dan perumahan dunia 2020 disetujui pada saat sidang ke-46 statistical commission dan diadopsi oleh United Nations Economic and Social Council. Sensus penduduk dan perumahan sebagai salah satu sumber data untuk merumuskan, melaksanakan dan memantau kebijakan serta program pengembangan sosial ekonomi inklusif maupun kelestarian lingkungan.

Dijelaskan bahwa Indonesia perlu melakukan sensus untuk perekaman langsung data penduduk, menyediakan data penduduk  de facto dan de jure 2020 serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk 2021. Sensus penduduk 2020 akan menggunakan metode kombinasi yakni menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan sensus penduduk 2020 dimana upaya ini menjadi langkah penting. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai mode pengumpulan data yaitu Computer Asisted Web Interviewing) (CAWI) guna mendorong partisipasi aktif masyarakat melalui sensus penduduk online,  Computer Asisted Personal Interviewing (CAPI) dan Pencil and Interview (PAPI).

Dibaca 35 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.