Wagub Usulkan Pembentukan Polres dan Kodim Baru di Papua | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Wagub Usulkan Pembentukan Polres dan Kodim Baru di Papua

Info Papua Penulis  Sabtu, 09 November 2019 09:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal, meminta Komisi I DPR RI untuk mendorong pembentukan Polres dan Kodim di seluruh kabupaten di Papua.

Dengan pembangunan polres dan kodim, kata Wagub, pembangunan di daerah dapat berjalan maksimal, seperti di Kabupaten Nduga, Puncak, Deiyai, Dogiyai dan beberapa wilayah lainnya.

"Kita lihat saja kasus Nduga, sampai saat ini masyarakat masih mengungsi karena takut, sementara yang ada di sana hanya pos polisi," kata Wagub saat rapat bersama Komisi I DPR RI, Jumat (8/11/2019).

Wagub berharap, Komisi I DPR RI dapat membicarakan masalah ini dengan Kapolri dan pihak yang berkompeten dalam keamanan membahasas usulan ini," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan, sebanyak lima Polres yang telah disetujui untuk dilakukan pembentukan baru tahun 2020.

Polres baru tersebut yakni Polres Yalimo, Nduga, Puncak, Intan Jaya dan Deiyai.

Rencananya, kata Waterpauw, lima Polres itu mulai dibangun pada 2020 mendatang.

Menurut Waterpauw, pembentukan lima Polres tersebut sangat dibutuhkan / karena Pemerintah setempat harus didukung oleh Kepolisian sekaligus mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Selain itu, dengan terbentuknya lima Polres ini, lanjut Waterpauw, memudahkan pihaknya dalam mengantisipasi terjadinya konflik maupun lainnya secara cepat.

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.