Bangun Perbatasan, Perhatikan Aspek Sosial | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Asisten 1 saat menghadiri diskusi (Foto:iis) Asisten 1 saat menghadiri diskusi (Foto:iis)

Bangun Perbatasan, Perhatikan Aspek Sosial

Papua Selatan Penulis  Jumat, 08 November 2019 02:12 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Asisten 1 Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno mengemukakan bahwa kawasan perbatasan adalah beranda negara, oleh sebab itu perlu dibangun sebaik mungkin namun tetap memperhatikan aspek-aspek sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan tidak terjadi permasalahan yang diakibatkan oleh pembangunan itu sendiri. Jika membangun namun mengenyampingkan aspek sosial tentu akan menyebabkan masalah bahkan menjadi hambatan secara terus menerus terhadap proses pembangunan itu sendiri.

“Di kawasan PLBN itu ada masyarakat, baik masyarakat lokal maupun eks transmigrasi sehingga menjadi perhatian bersama. Apalagi di kawasan tersebut akan dibangun jalan serta sejumlah fasilitas umum sehingga bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar,”ujarnya di hadapan peserta diskusi terfokus dan konsultasi publik penyusunan materi teknis keluasan perbatasan negara di Sota di Swiss-Belhotel belum lama ini. Sesuai dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2019 maka PLBN Sota sudah mulai dikerjakan.

Namun ada hal-hal yang perlu dilengkapi agar PLBN Sota yang berada di kawasan perbatasan NKRI di Kabupaten Merauke ini memiliki dasar hukum yang kuat dan di kemudian hari tidak terjadi permasalahan. Kegiatan diskusi terfokus dan konsultasi publik penyusunan materi teknis keluasan perbatasan negara di Sota  merupakan konsultasi publik sehingga peserta dapat memberikan saran serta regulasi yang mendukung. “Begitu pula terkait dengan permasalahan yang ada di lapangan sehingga dapat dihimpun dalam suatu rekomendasi yang signifikan dan dibuat dalam satu regulasi yang menentukan bahwa kawasan perbatasan Sota memang layak untuk dibangun lebih baik,”jelasnya.

Sementara itu Staf Ahli Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia, Ir.Iman Soedrajat mengemukakan bahwa di dalam kawasan perbatasan banyak yang ingin melakukan pembangunan dan  mencakup sejumlah sector. Pertemuan kali ini menjadi sarana untuk memberikan masukan terkait hal-hal penting, terutama yang menyangkut kehidupan masyarakat setempat. Jadi ada gambaran yang diperoleh tentang apa yang dapat dilakukan di perbatasan.

Dibaca 28 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX