Musim Pancaroba Tidak Berpengaruh di Mimika | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Timika, Dwi Chris Tanto Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Timika, Dwi Chris Tanto

Musim Pancaroba Tidak Berpengaruh di Mimika

Lintas Daerah Penulis  Jumat, 08 November 2019 01:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Timika Dwi Chris Tanto mengatakan, musim pancaroba, dampak El Nino, dan La Nina tidak akan berpengaruh besar di wilayah Kabupaten Mimika yang disebabkan karena faktor lokal seperti pegungungan di wilayah utara dan laut diwilayah selatan.

Hanya saja pihak BMKG lebih cenderung melihat posisi Elnino yang merupakan fenomena memanasnya suhu muka laut memiliki dampak yang beragam dalam lingkup skala global, dan La Nina yang merupakan peristiwa alam yang dapat dikatakan seperti kebalikan dari El Nino atau kondisi dimana suhu permukaan air laut mengalami penurunan.

"Yang dimaksud dengan gangguan biasanya dari pihak BMKG cenderung melihat posisi Elnino (kekeringan) La Nina (basah)," kata Dwi saat ditemui di kantor pemantauan BMKG Stasiun Meteorologi Timika, Kamis (7/11).

Kendati demikian, kondisi di wilayah Kabupaten Mimika hingga bulan Desember masih normal, walaupun sudah masuk di musim penghujan namun faktor lokal sangat berpengaruh, selain itu ia mengakui adanya badai tropis yang terjadi di wilayah utara Indonesia yang mendekati wilayah Filipina dan Vietnam namun tidak memasuki wilayah Papua.

"Tapi kondisinya sampai Desember itu normal, jadi gangguan atmosfir yang terjadi itu seperti siklon tropis (badai tropis) di wilayah utara Indonesia dekat Filipina ke arah vietnam," ungkapnya.

Ia juga menambahkan kalau pertumbuhan awan di bulan November dan Desember biasa saja mulai dari sore hingga malam sehingga mengakibatkan hujan pada sore, malam dan dinihari.

"Untuk bulan november dan desember normal, artinya pertumbuhan awannya biasa saja, cuma untuk wilayah Timika pertumbuhan awannya sore malam hujan, dan untuk desember curah hujan lebih tinggi dari bulan november," tambahnya. (Ricky)

Dibaca 23 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.