Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gelar Pelatihan Operasional SIRETA | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Jini Wati, S.Sos Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Jini Wati, S.Sos

Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gelar Pelatihan Operasional SIRETA

Kabupaten Jayapura Penulis  Jumat, 08 November 2019 01:30 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, menyelenggarakan pelatihan operator teknis operasional Sistem Informasi Buku Tamu Online (SIRETA) secara online, sebagai upaya mempercepat pencarian data yang lebih efektif dan lebih berguna dalam penyebaran informasi.

Kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi staf Dinas Kominfo ini berlangsung, Rabu (6/11) siang, di Ruang Rapat Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura dan dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST.

Saat ditemui di Kantor Bupati, Kamis (7/11) siang, Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Jini Wati, S.Sos, mengatakan, pelatihan ini sangat penting agar staf atau pegawai Bisa memenuhi standar operasi prosedur (SOP) dalam menghadapi tamu yang berkunjung. Kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sistem informasi buku tamu di Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

“Selain itu, juga bertujuan untuk mempercepat pencarian data-data account representatif, sehingga waktu menjadi lebih efisien, kemudian dapat menunjukkan bahwa ada solusi alternatif yang lebih efektif dan berguna dalam hal menyebarkan informasi perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi,” katanya sekaligus menyampaikan gagasan ini merupakan proyek perubahan sebagai peserta Diklatpim III Kabupaten Jayapura.

“Terus untuk mempercepat proses pencarian data, sebagai pengaman data, sebagai media penyimpanan data agar tersimpan rapi dan proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat serta mudah dalam pembuatan laporan buku tamu kepada Kepala Dinas atau pihak yang membutuhkan,” lanjutnya.

Sebelumnya setiap tamu harus mengisi buku tamu secara manual, namun sekarang langsung diisi dan dientri oleh petugas.

“Sekarang sudah berjalan, semua tamu yang berkunjung di kantor Dinas Kominfo mau tidak mau sudah terekam oleh sistem informasi tamu. Jadi, perancangan sistem informasi pengelolaan buku tamu pada Dinas Kominfo itu dibuat agar mempermudah kelancaran aktivitas penerimaan para tamu dan juga pengunjung. Dan, diharapkan sistem informasi tersebut dapat semaksimal mungkin mengurangi proses kerja secara manual,” tuturnya.

Kelebihan dari Sistem Informasi Buku Tamu Online atau SIRETA, dia sebagai manajemen tamu dan desain untuk memberikan kemudahan dalam berinteraksi antara tamu dan personal yang di temui. Juga bisa menyediakan akses level tamu atau pengunjung yang dapat disesuaikan dengan kebijakan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura. Selain itu, di dalam aplikasi ini juga tersedia fitur administrasi yang memiliki fungsi sebagai manajemen personal dan departemen serta memiliki fungsi pelaporan penerimaan tamu masuk atau keluar.

Aplikasi buku tamu ini merupakan aplikasi web base, sehingga bisa digunakan di berbagai perangkat seperti tablet, smartphone, PC dan juga laptop.

Dibaca 56 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.