Selain Pertambangan, Sektor Ini Dinilai Dapat Meningkatkan Perekonomian Papua | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Pernak - pernik khas Papua. Pernak - pernik khas Papua.

Selain Pertambangan, Sektor Ini Dinilai Dapat Meningkatkan Perekonomian Papua

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 06 November 2019 10:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Kepala Bidang Neraca Wilayah Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Eko Mardiana mengatakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua, pemerintah perlu memperhatikan secara serius pendapatan dari sektor selain pertambangan dan penggalian.

“Banyak sumber yang dapat diolah selain bahan alam, seperti pertanian tetapi sayangnya dijual hanya untuk bahan mentah karena industrinya belum tersedia di Papua. Selain pertanian, ada juga pariwisata dan industri kreatif yang masih sangat minim. Ini yang harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk mengembangkan industri kreatif di Papua,” kata Eko Mardiana, Selasa (5/11/2019).

Ditambahkan, industri kreatif yang bisa dikembangkan di Papua yakni di bidang seni seperti tari-tarian, musik dan lukisan atau hasil kerajinan tangan. Ekonomi Papua cukup menggeliat, namun ketergantungan terhadap alam dengan pengolahan secara konvensional. Selama ini perekonomian Papua hanya ditopang dari sektor pertambangan, sementara sektor ini secara umum tidak menghidupi masyarakat Papua.

“Harusnya sektor-sektor yang menyentuh langsung ke masyarakat seperti industri kreatif. Sektor ini belum digarap secara optimal. Harusnya kita sudah berubah ke sektor yang lain agar tidak bergantung pada satu sektor saja,” imbuhnya. (Zulkifli)

Dibaca 46 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX