Mendagri Jangan Hanya Sekedar Wacana Awasi Penggunaan APBD | Pasific Pos.com

| 23 November, 2019 |

Yonas Alfons Nusy Yonas Alfons Nusy

Mendagri Jangan Hanya Sekedar Wacana Awasi Penggunaan APBD

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 05 November 2019 22:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, -  Sekjen Barisan Merah Putih (BMP) Papua, Yonas Alfons Nusy mengatakan, mendukung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta para kepala daerah agar memanfaatkan APBD kabupaten/kota.

Namun, pihaknya  berharap, hal ini bukan hanya sekedar wacana terhadap penggunaan dana APBD di kabupaten/kota, tapi benar-benar tepat sasaran.

Hanya saja kata Nusy, mesti ada langkah-langkah nyata yang diambil oleh Mendagri dalam melakukan pengawasaan APBD, agar dana tersebut benar-benar tepat sasaran.

"Tidak bisa kita hanya mengandalkan KPK, BPK dan inspektorat karena wilayah Indonesia ini luas. Jadi mesti ada cara lain bagaimana agar APBD ini benar-benar digunakan sesuai semestinya," tandasnya.

Bahkan kata Nusy,  jika APBD tepat, maka sasaran penting yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat hingga ke pelosok, karena selama ini berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat disebabkan ketimpangan dalam berbagai aspek, dan tidak meratanya kebijakan pelayanan publik.

"Situasi inilah yang bisa memicu munculknya berbagai persoalan. Sebab ada masyarakat yang merasa tidak diperhatikan pemerintah di negara ini," ucapnya.

Padahal tandas Nusy, justru pemerintah daerah yang tidak mampu menjabarkan pelaksanaan APBD kabupaten/kota lewat program yang menyentuh langsung masyarakat.

"Jadi jangan hanya melihat laporan penggunaan APBD di atas kertas. Tapi juga harus disinkronkan dengann realisasi atau kondisi nyata di lapangan," pungkasnya. (TIARA)

Dibaca 77 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.