Penada Dan Pelaku Curanmor Ditangkap Polisi | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Penada Dan Pelaku Curanmor Ditangkap Polisi

Kriminal Penulis  Selasa, 05 November 2019 22:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA – Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Mimika berhasil membekuk dua pemuda berisnial JT alias T dan AR alias R yang diketahui merupakan komplotan pencurian kendaraan bermotor, beberapa waktu lalu.

Kedua pelaku ditangkap didua lokasi berbeda di kota Timika, dari tangan keduanya polisi berhasil mengamankan tujuh unit motor berbagai jenis. dari hasil pemeriksaan keduanya diketahui merupakan pelaku curanmor dan penada hasil kejahatan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM.Kamal menerangkan kedua pelaku saat ini telah diamankan di rutan Mapolres Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut lantaran keduanya merupakan jaringan curanmor yang sering beroprasi di Timika.

“Dari hasil pemeriksaan dan intorgasi penyidik Sat Reskrim telah menetapkan keduanya sebagai tersangka kasus pencurian dan penadaan hasil kejahatan,
 ucapnya.

Ia pun menjelaskan saat melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor tersangkan JT tidak bekerja sendiri melainkan dibantu dua orang rekannya AK dan P yang kini masuh dalam daftar pencaian orang.

“JT dan AK sebagai eksekutor sementara P yang memantau lokasi saat dua rekannya melakukan aksinya. Modal dalam menggasak motor hanya berbekal kuci T,” terangnya.

 Lanjut Kamal, setiap kali hasil kejatahan pencurian kendaraan bermotor pelaku pelaku mejualnya kepada pelaku AR alias R yang diketahui pemilik bengkel.
“Hasil pengembangan, anggota berhasil mengamankan tujuh unit motor dari bengkel AR alias R yang memilik LP di Polres maupun Polsek terkait kasus pencurian,” ucapnya.

Ayah empat orang anak ini pun menambahkan atas perbuatannya pelaku JT dijerap pasal 363 terkait pencurian, sementara AR dijerat pasal 480 terkait penadaan hasil kejahatan dengan ancaman masing-masing diatas 5 tahun penjara.

thofa Kamal, SH mengatakan Modus para pelaku dengan cara pelaku Ak alias K (DPO dan P (DPO berperan sebagai yang melihat situasi disekitaran kejadian yang standby di luar dengan motor pelaku dan tersangka JT alias J bersama AK alias N yang melakukan pencurian motor tersebut dengan mengeluarkan Kunci T yang sudah disiapkan terlebih dahulu kemudian membuka pelaku pencurian setelah itu pelaku membuka stiker sepeda motor dan membawa sepeda motor hasil curian tersebut kepada pelaku penadahan yakni Ar alias A di bengkel sendiri.

Atas perbuatannya pelaku JT alias J dijerat dengan pasal 361 ayat (1) ke 4e KUHP tentang pencurian diancam pidana penjara paling lama 7 tahun sedangkan pelaku AR alias A dijerat dengan pasal 480 Ayat (1) KUHPtentang penadahan diancam pidana penjara paling lama 4 tahun.

Dibaca 43 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX