Keterbukaan Informasi Publik Sangat Dibutuhkan Dalam Pembangunan Daerah | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MK. P saat membuka, sosialisasi dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Selasa (05/11) pagi. Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MK. P saat membuka, sosialisasi dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Selasa (05/11) pagi.

Keterbukaan Informasi Publik Sangat Dibutuhkan Dalam Pembangunan Daerah

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 05 November 2019 22:23 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Keterbukaan informasi publik sangat dibutuhkan dalam semua proses pembangunan di suatu daerah. Informasi juga merupakan kebutuhan setiap orang sebagai pengembang pribadi dan lingkungan sosialnya.

Demikian dikemukakan, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan, Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MKP saat membuka, sosialisasi dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Selasa (05/11) pagi.

Dikatakan, mengingat pentingnya pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura terhadap masyarakat selaku pemohon informasi dan sekaligus sebagai sebagai pengawas jalannya roda pembangunan.

Maka sesuai standar layanan serta keterbukaan informasi publik yang merupakan landasan hukum terhadap hak setiap orang dalam memperoleh informasi publik
“Dimana setiap badan publikmempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana,” ujarnya.

Bupati berpesan, melalui kegiatan sosialisasi pembentukan PPID dapat membantu pemerintah daerah menyediakan dan menyebarkan informasi publik kepada pemohon yang membutuhkan.

“ Kami harapkan agar saudara dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, dan apabila belum memahami, untuk tidak segang-segang bertanya kepada narasumber yang menyampaikan materi,” harap bupati.

Ditempat yang sama, Ketua PPID Kabupaten Jayapura, Fred Modouw menerangkan, peserta sosialisasi terdiri dari sejumlah pihak yakni, Organisasi peranagkat Daerah (OPD) dan distrik.

“Sementara narasumber dari, Komisi Informasi Publik (KIP) Propinsi Papua dengan waktu pelaksanaan selama satu hari dan akan dilanjutkan dengan sosialisasi serupa di tingkat distrik,” sebutnya.

Modow menandaskan, bahwa pejabat pengelola informasi dan dokumentasi utama sesungguhnya telah terbentuk berdasarkan SK Bupati Jayapura, namun hingga saat ini belum dilantik kepengurusannya.

Namun karena tuntutan pelayanan yang tidak dapat dihindari sehingga atas petunjuk pimpinan maka PPID utama Pemerintah Kabupaten Jayapura dapat melaksanakan sebagian tugas diantaranya melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembentukan PPID pembantu.

Dibaca 62 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.