Unmus Lakukan Terobosan, Mendorong Program Hibah | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Warek 1 Unmus, Maria V.I. Herdjiono saat menghadiri kegiatan (foto:iis) Warek 1 Unmus, Maria V.I. Herdjiono saat menghadiri kegiatan (foto:iis)

Unmus Lakukan Terobosan, Mendorong Program Hibah

Papua Selatan Penulis  Senin, 04 November 2019 12:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Warek 1 Unmus, Maria V.I.Herdjiono mengemukakan bahwa ketika banyak program yang harus dilaksanakan di universitas dan secara anggaran sudah digunakan untuk hal-hal lain yang memang harus diprioritaskan maka Unmus melakukan upaya lain dengan mencoba mendorong melalui program hibah. Oleh sebab itu FKIP, LP2M, LP3M dan unit-unit yang ada di Unmus benar-benar didorong agar dapat memperoleh hibah dari pihak kementerian.

Tahun ini kampus berhasil memperoleh tiga hibah dan sudah didesiminasikan, yaitu general education, pendidikan khusus di perguruan tinggi dan penugasan dosen di sekolah. Oleh sebab itu kampus merasa perlu untuk menggandeng pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk pelaksanaan hibah tersebut. Khusus untuk penugasan dosen di sekolah, targetnya harus sekolah yang terakreditasi B padahal program ini memiliki dua tujuan, yaitu dapat mendukung sekolah terkait dengan beberapa hal yang dapat kampus lakukan, seperti pengembangan metode pembelajaran, penyusunan karya ilmiah sehingga ada manfaat yang bisa diterima oleh sekolah.

Sedangkan manfaat yang dapat diterima oleh universitas yaitu dapat memahami lingkungan sekolah dan kondisi siswa sehingga ketika mereka nanti mengajar maka bisa memberikan pemahaman terkait kondisi yang ada. “Memang kita sempat menanyakan tentang sekolah yang terakreditasi C yang memang perlu ditingkatkan menjadi B. Ini bisa menjadi pertimbangan jika FKIP akan mengajukan hibah lagi untuk dapat memperluas cakupan. Jadi tidak hanya pada sekolah dengan akreditasi B saja tetapi juga menyentuh yang masih berpredikat C,”ujarnya pada desiminasi hibah FKIP di Gedung PKM belum lama ini.

Menurutnya, sekolah yang terakditasi C sebenarnya yang paling membutuhkan dukungan sehingga dapat meningkatkan akreditasinya. Ia juga menegaskan tentang mata kuliah umum yang perlu menjadi perhatian dimana mata kuliah ini dipelajari oleh semua jurusan. Salah satunya adalah mata kuliah pendidikan anti korupsi yang memang sudah dicanangkan oleh Riset Dikti. Mata kuliah-mata kuliah umum ini nantinya dapat mendukung dan memperkuat universitas. Sedangkan terkait dengan hibah pendidikan khusus memang menjadi salah satu perhatian pihak kementerian karena secara peraturan memang diwajibkan menerima dan tidak membatasi penerimaan mahasiswa. Inilah yang hendak dirintis oleh Unmus.

Dibaca 57 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.