Persewar Lolos 8 Besar Liga 2, Carolino Ivakdalam Pilih Mundur | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Carolino Ivakdalam Carolino Ivakdalam

Persewar Lolos 8 Besar Liga 2, Carolino Ivakdalam Pilih Mundur

Olahraga Penulis  Senin, 04 November 2019 11:13 0
Beri rating artikel ini
(3 voting)

JAYAPURA,- Carolino Ivakdalam menyatakan dirinya mundur sebagai pelatih Persewar Waropen, meski timnya sudah lolos ke babak 8 besar liga 2 tahun 2019.

Keputusan Carolino tersebut diambil setelah  Komisi Disiplin atau Komdis PSSI melakukan sidang di Jakarta beberapa waktu lalu, dengan menjatuhkan sanksi larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama enam bulan.

Kabar itu cukup mengejutkan karena Carolino yang disapa Ino membangun tim Persewar Waropen dari kompetisi Liga Nusantara (Liga 3) zona Papua hingga lolos ke liga 2 tahun 2019.

Mengejutkan ya, tapi saya sudah mengambil keputusan ini, saya sudah ajak bicara dengan istri. Saya tanya ke istri harus siap dengan keputusan ini. Mungkin istri juga berat, apalagi saya membangun tim dari liga 3, bagi saya Persewar sudah seperti satu keluarga," ujar Ino dalam keterangannya, Minggu (3/11/2019).

Memang keputusan ini berat, kata Ino, Dirinya punya mimpi besar ingin membawa tim ini lolos ke liga 1, makanya pada kompetisi liga 2 musim ini, saya panggil anak-anak didik waktu di PPLP Papua dulu untuk bergabung dengan Persewar Waropen.

“Terima kasih kepada Ketua umum, manajer dan masyarakat Waropen yang sudah percayakan saya melatih tim ini, harapan saya, di babak 8 besar nanti, Persewar bisa lolos ke babak empat besar dan meraih tiket lolos ke liga 1 musim 2020," ujarnya.

Ino berharap, Persewar Waropen dapat meneruskan permainan terbaiknya di babak delapan besar dan meraih tiket promosi ke liga 1.

"Saya memang sedih dengan keputusan ini, tapi saya harus tetap dan berusaha untuk profesional. Saya hanya sedih karena meninggalkan teman-teman di saat mau berjuang di babak 8 besar tanggal 14 November mendatang. tapi keputusan saya adalah hal yang normal di dunia sepak bola profesional," ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Ino, Ketua Umum Persewar maupun manajer keberatan dirinya mundur. Karena ikatan batin sangat kuat, kita seperti satu keluarga, tapi saya harus profesional walaupun berat meninggalkan tim ini.

"keputusan ini mungkin juga membuat pemain sedih, terutama mantan pemain PPLP atau yang sudah lama di tim Persewar, tapi pesan saya pemain harus komitmen untuk selesaikan tugasnya hingga selesai kompetisi. Kita bermain untuk Tanah Papua, tunjukan prestasi terbaik kepada semua pihak yang selama ini menilai kalian hanya tim dari kampung,  target lolos ke liga 1 harus kalian (peman) tunjukan walaupun bapak tidak bersama kalian," pesannya.

Berdiri sejak 2005 lalu, Mutiara Bakau Julukan Persewar Waropen memang tak pernah mencicipi kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Mereka rutin wara-wiri di kasta bawah sebelum akhirnya mendobrak jagat sepakbola nasional pada Liga 3 2017.

Tahun 2017, Persewar Waropen dilatih oleh Eduard Ivakdalam, Edu sapaan akrabnya berhasil membawa tim ini lolos hingga babak 32 besar Nasional.

Kemudian tahun 2018, sang kakak Carolino Ivakdalam mengambil ahli kepelatihan tim Mutiara Bakau. Mengandalkan  pemain-pemain dari Waropen dan Serui, Persewar keluar sebagai juara kedua liga 3 zona Papua.

Perjuangan Persewar Waropen berlanjut ke babak berikutnya, lawan-lawan dari Papua Barat dibantai dan kembali harus bertemu dengan Persemi Mimika sebagai juara liga 3 zona Papua yang di latih sang adik Eduard Ivakdalam. Keberuntungan berpihak kepada Persewar melangkah lebih jauh dan bertarung di babak Nasional.

Babak 32 besar Nasional, Persewar harus berjuang diluar Papua, Persewar tergabung di grup F bersama tuan rumah PSBK Kota Blitar, Persewangi Banyuwangi dan OTP37 Menuju. Persewar dan BSBK Biltar lolos ke babak 16 besar. Di tahap sistem gugur, Persewar Waropen kembali mengejutkan sepak bola Indonesia setelah mengalahkan tuan rumah Persijap Jepara.

Persewar Waropen merebut tiket promosi Liga 2 tahun 2019 setelah menempati peringkat tiga klasemen akhir grup Timur.

"Selamat berjuang Tim Persewar di putaran 8 besar liga 2 tahun 2019. Semoga target untuk lolos ke liga 1 dapat  tercapai. Tuhan Memberkati Tim Persewar selalu. Salam Mutiara Bakauku,"  tutur mantan pemain Persipura Jayapura itu mengakhiri pernyataannya.

Dibaca 254 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX