Pemerintah Terus Membina Masyarakat Olah Makanan Lokal | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba (foto:iis) Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba (foto:iis)

Pemerintah Terus Membina Masyarakat Olah Makanan Lokal

Papua Selatan Penulis  Jumat, 01 November 2019 11:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Asisten 1 Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno mengemukakan bahwa Dinas Ketahanan Pangan telah menggelar sebuah kegiatan yang sarat manfaat sebagai bentuk upaya pemerintah yang terus menerus dilakukan guna membina masyarakat dalam pengolahan makanan lokal di Kabupaten Merauke. Diharapkan dapat menjadi sesuatu yang berarti dan  bermanfaat bagi kesehatan mengingat cukup banyak makanan lokal yang dihasilkan di daerah ini.

“Makanan lokal di Merauke sangat beragam namun belum banyak disentuh secara teknologi sehingga perlu dilakukan upaya agar makanan tersebut menjadi lebih menarik, baik dalam hal kemasan maupun citarasanya juga harus lebih enak,”ujarnya di hadapan peserta lomba festival pangan lokal di Gedung Kanol Sai belum lama ini.  Agustinus menambahkan, makanan lokal yang sudah dipoles menjadi makanan yang lezat dan menarik dipandang mata, perlu dipikirkan agar dapat menjadi pasar ekonomi bagi masyarakat khususnya  masyarakat lokal di Kabupaten Merauke.

Dengan demikian mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan dari produksi makanan lokal tersebut. Untuk itu perlu ada kerjasama dengan instansi terkait sehingga dapat membantu cara memasarkan produk-produk lokal yang ada. Sementara itu Tarsisius Andreas A.K.Rimbayana selaku ketua panitia festival pangan lokal mengemukakan bahwa mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna itu tidak cukup karena makanan yang dikonsumsi membutuhkan tambahan gizi hingga 45 jenis. Jadi semakin beragam makanan yang dimakan maka gizi yang terpenuhi juga semakin lengkap. Dalam rangka mendukung upaya konsumsi pangan yang bergizi, berimbang dan aman maka pangan lokal sangat penting untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dilakukan dalam bentuk festival pangan lokal dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dapat meningkatkan prinsip beragam, bergizi seimbang dan aman dalam pengolahan pangan serta mendorong kreativitas dalam pengolahan pangan yang bernilai komersil.

Dibaca 43 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX