PON XX, EO Profesional Kawal Bidang Konsumsi | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Ketua dan Wakil Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua, Ny. Julce Enembe dan Ny. Yolanda Tinal Ketua dan Wakil Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua, Ny. Julce Enembe dan Ny. Yolanda Tinal

PON XX, EO Profesional Kawal Bidang Konsumsi

Info Papua Penulis  Kamis, 31 Oktober 2019 22:18 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua mengapresiasi kesiapan Bidang Konsumsi PB PON Papua jelang pelaksanaan PON XX tahun 2020 di bumi Cenderawasih.

Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapisa mengatakan, dalam pertemuan dengan Bidang Konsumsi PB PON Papua, mereka sangat siap dalam menghadapi agenda nasional ini.

“kesiapan Bidang Konsumsi PB PON Papua sudah sangat maksimal. Hal itu dibuktikan dengan matangnya perencanaan yang disusun bersama dengan Event Organizer (EO) yang profesional. Bidang ini paling siap dari semua bidang yang ada di PB PON, Berbicara kendala,  saya kira mereka tidak ada karena bidang konsumsi didampingi pihak konsultan (EO) yang sangat profesional sekali,” kata Alex Kapisa sapaan akrabnya kepada wartawan usai rapat tertutup bersama Bidang Konsumsi PB PON Papua, di Gedung Negara Dok II Jayapura, Kamis (31/10/2019).

Alex menuturkan, dalam pertemuan tadi, apa yang tadi disampaikan Bidang Konsumsi PB PON Papua sangat detail dalam menyusun perencanaan program kerjanya untuk penyiapan konsumsi di seluruh lokasi tempat penyelenggaraan PON,” terangnya.

Kendati demikian, Alex mengingatkan semua pihak pada bidang konsumsi agar tetap berkoordinasi dengan seluruh bidang yang ada di PB PON Papua, agar penyiapan kebutuhan bahan makanan bagi sekitar 12.500 atlet, ofisial dan perangkat pertandingan (belum termasuk voulentir dan tamu VVIP), dapat berjalan sesuai rencana.

Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua Yulce W. Enembe memastikan kesiapan bidangnya sudah hampir maksimal. Hanya saja, ia perlu memastikan jumlah orang yang datang ke Bumi Cenderawasih saat PON XX 2020 berlangsung.

“Sehingga kita undang dinas olahraga untuk mengetahui kepastian jumlah orang yang akan hadir saat pelaksanaan PON. Dengan begitu, saat penyediaan makanan nanti, tak ada kekurangan disana-sini.

“Sebab kalau kita tidak tahu (jumlah pasti orang yang akan datang pasti makanan akan kurang. Kami pun melibatkan EO yang nantinya akan tangani konsumsi. Bahkan kita juga libatkan KPK dan pihak terkait untuk memantau, supaya suatu saat tidak ada persoalan,” pungkasnya.

Senada disampaikan Wakil Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua, Yolanda Tinal. Dirinya pun memastikan bakal melibatkan tim PKK Kabupaten dan Kota, untuk dapat ikut mengawasi penyediaan bahan makanan di seluruh klaster penyelenggara PON.

“Kalau ditanya apakah PKK terlibat di kabupaten dan kota penyelenggara PON? Pastinya terlibat. Intinya Ketua PKK Kabupaten dan Kota, terlibat untuk kontrol dan awasi penyediaan konsumsi”.

“Kami pun dari PKK Provinsi akan turun di setiap klaster, baik di Merauke, Mimika, Kota dan Kabupaten Jayapura untuk melakukan pengecekkan. Tapi secara umum persiapan kami di bidang konsumsi sudah ok. Dimana kami pun meminta bantuan BPK maupun KPK untuk mengajar kami supaya tertib administrasi,” tuntasnya.
Lanjutnya, TP PKK akan mendorong pangan lokal maupun bahan makan dari kelompok-kelompok petani di Papua guna menjadi makanan bagi atlet maupun official.
 "kita sudah komitmen untuk mengutamakan bahan pangan yang ada di Papua, yang kurang kita akan impor dari luar Papua,"

Ia berharap dengan upaya itu, para kelompok tani dapat meningkatkan kesejahteraannya. Termasuk membantu para petani pangan lokal untuk kesejahteraan keluarganya.

PON XX akan diadakan pada 20 Oktober 2020 di Klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke.

Dibaca 60 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.