Gebrakan Sang Kepala Sekolah, ‘Gandeng Sekolah Pesisir, Gelar Pekik Kebangsaan Anak Nusantara’ | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Para siswa saat membawa bendera usai upacara (foto:iis) Para siswa saat membawa bendera usai upacara (foto:iis)

Gebrakan Sang Kepala Sekolah, ‘Gandeng Sekolah Pesisir, Gelar Pekik Kebangsaan Anak Nusantara’

Papua Selatan Penulis  Senin, 28 Oktober 2019 20:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Sekolah SMP Negeri Buti, Pascalis Tethool, SS untuk pertama kalinya melakukan gebrakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan menggelar upacara di Pantai Lampu Satu dan beberapa kegiatan lainnya, Senin (28/10). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 800 peserta dan melibatkan beberapa sekolah di pesisir pantai dengan mengusung tema ‘Pekik Kebangsaan Anak Nusantara’. Selain upacara digelar pula pembelajaran tematik dan ikrar Sumpah Pemuda anak nusantara.  

“Dengan melaksanakan upacara bendera secara sederhana ini, maka kita menegaskan kembali sebagai satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa, Bahasa Indonesia. Di kala bangsa ini mulai diterpa banyak hal dan gencarnya isu-isu hoax sehingga muncul ujaran kebencian, caci maki dan membuat perbedaan itu seolah-olah menjadi sesuatu yang menyulitkan. Untuk itu dari ujung timur nusantara, kita menghimbau dan menyanyikan lagu-lagu indah penuh persaudaraan dalam bingkai NKRI,”ujar Pascalis dalam amanatnya.

 Ia menegaskan bahwa ada suka cita dan damai sejahtera sehingga perbedaan itu menjadi indah karena saling melengkapi. Ia tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada para guru dan siswa yang telah ikut menghadiri kegiatan pagi itu dan bersama-sama bergembira merayakan Sumpah Pemuda. “Hanya dalam kebersamaan dan menjadi satu saudara maka akan ada suka cita dan suka cita itu akan menjadi besar karena kita lahir dari rahim yang sama, yakni NKRI. Anak-anak muda pada 91 tahun lalu sudah mempunyai konsep kebangsaan. Mereka berkumpul dan terjadilah Hari Sumpah Pemuda,”pungkasnya.

Dibaca 160 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik